Ekonomi

Tiga Calon Komut BRK Sudah Jalani Tes UKK, OJK Akan Tetapkan Usai RUPS


Ketua Pansel BKR Ahmad Syah Harrofie

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi, melalui panitia seleksi (Pansel) Bank Riau Kepri telah melakukan uji kelayakan kepatutan (UKK) dan presentasi terhadap tiga calon komisaris utama (Komut) setelah dinyatakan lulus administrasi. Tiga nama calon komut BRK tersebut yaitu Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, Kepala Biro Pembangunan Indra, dan ketiga Kepala Biro Umum Ariadi.

“Selanjutnya tes wawancara dengan Gubernur Riau sebagai pemegang saham. Kami sudah membuka pendaftaran pertama, kedua, dan ketiga. Hanya tiga nama itu yang mendaftar. Kita tidak melihat siapa yang mendaftar selagi memenuhi syarat, dan ketiganya memenuhi syarat,” jelas Ketua Pansel BKR Ahmad Syah, Selasa (14/1/2020).

Dijelaskan Ahmad Syah, dirinya sebagai Ketua Tim Pansel, bersama pansel yang lain dari akademisi, KRN, dan Kemendagri, telah menjalani proses penerimaan calon Komut BRK dari unsur Pemprov Riau, sesuai dengan aturan yang ada di Kemendagri. Selama proses pendaftaran, tidak ada yang salah dan tidak melanggar aturan, hingga akhir pendaftaran hanya tiga calon. 

“Kita melakukakannya sesuai dengan UKK. Jadi lulusnya Yan Prana Jaya, Indra, dan Ariadi,  tidak ada hubungan dengan jabatan yang mereka sandang sekarang. Tapi sesuai dengan kompetensi, dan sebagi pejabat mereka punya hak. Seleksi komut tidak ada atasan dan bawahan,” jelas Ahamd Syah.

“Pansel tidak sendiri dalam mengambil keputusan, harus kolektif kolegial. Anggota pansel ada akademisi, dari KRN, dan ada dari Kemendagri. Di sini bukan ada anak buah menguji atasan, di sini pansel menguji integrtitas dan kepemimpinan,” jelasnya.

Semua tahapan seleksi hingga proses wawancara dengan Gubernur Riau telah dijalani. Selanjutnya calon pimpinan tersebut akan diserahkan ke Gubernur dan ditetapkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), untuk menetapkan calon pimpinan BRK termasuk komut. 

“Jadi nanti hasilnya ada di Otoritas Jasa Keuangan, sebelumnya kita sampaikan ke Gubernur sebagai pemegang saham sebelum dibawa ke RUPS, sebelum tanggal 17 Januari, semua sudah selesai proses seleksi pimpinan BRK,” katanya.

Sebelumnya Pansel BRK juga telah menyelesaikan assement tiga calon pimpinan BRK, dan hasilnya telah diseragkan ke Gubernur Riau Syamsuar. Gubri juga telah mewawancara 9 calon BRK dari hasil proses assesment panitia seleksi termasuk hasil menyelesaikan fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayakan (UKK), termasuk komunikasikan ke Komite Remunerasi dan Nominasi (KRN). 

Kesembilana nama yang menjalani wawancara dengan Gubernur Riau untuk calon jabatan pimpinan BRK posisi direktur utama yaitu Andi Buchari, Hendra Buana, dan Nizam. Sedangkan untuk calon direktur dan jasa yaitu Andi Mulya, M Jazuli, dan MA Suharto. Calon direktur operasional yaitu Denny Mulya Akbar, Ikhwan, dan Said Syamsuri.


Reporter: Nurmadi




Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar