Nasional

Turis China Borong Masker di Batam untuk Dibawa ke Wuhan Asal Wabah Virus Corona

Turis China memborong masker di Batam untuk bantuan akibat mewabahnya virus corona.

RIAUMANDIRI.ID, BATAM – Wabah virus corona masih terus menghantui warga secara global, khususnya di China. Merebaknya virus tersebut serta tindakan isolasi yang dilakukan pemerintah Tiongkok menyebabkan pasokan masker di negara Tirai Bambu itu menipis.

Menipisnya pasokan masker itu membuat puluhan turis China yang ada di Batam putar otak. Mereka sengaja memborong masker untuk dibawa pulang ke negaranya.

Di Bandara Hang Nadim Batam, tampak puluhan bahkan ratusan turis yang akan kembali ke China terlihat membawa banyak kotak bertuliskan 'Masker N95'.

Pengurus Administrasi Agen Travel Eco Indo Travel, Suwardi yang mendampingi turis China tersebut membenarkan bahwa puluhan kotak yang dibawa itu berisi masker.

“Itu bentuk partisipasi mereka untuk dikirim ke Wuhan untuk bantuan," ujarnya, Kamis (30/1/2020).

Suwardi menyebutkan bahwa, turis-turis itu memang sengaja membeli masker di Batam karena mendengar stok masker di China mulai menipis.

"Ada sekitar 30 kotak lebih yang mereka beli di sini," kata Suwardi.

Direktur BUBU Hang Nadim Batam, Suwarso yang ikut mengawasi kepergian turis China itu juga membenarkan bahwa barang yang berada di dalam kotak tersebut adalah masker.

"Iya tadi kata petugas memang masker, kelihatan di mesin x-ray," kata Suwarso.

Diketahui, hingga Jumat (31/1/2020) hari ini, otoritas kesehatan nasional di China menyebut korban tewas akibat virus corona di negara itu sudah mencapai 213 orang dan ditemukan hampir 2.000 kasus baru. Di mana total virus mematikan itu sudah menginveksi lebih dari 7.000 di 18 negara.


Tags Kesehatan

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar