Pendidikan

Kadisdik Riau: Jujur Saja, Kita Tidak Memiliki Data Standar Nilai Mutu Pendidikan di Sekolah

Kadisdik Riau, Rudyanto

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU – Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Riau mengadakan kegiatan pembukaan sosialisasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) pada 3 - 5 Februari 2020. 

Kepala Dinas Pendidikan Riau, Rudyanto membuka langsung acara sosialisaiini, dengan menghadirkan sejumlah narasumber kompeten guna meraih percepatan pola serta metode dalam mewujudkan SPMI. 

Peserta yang hadir berasal dari perwakilan Dinas Pendidikan kabupaten/kota se Riau serta sejumlah pengawas dan sekolah binaan di bawah naungan LPMP Riau.  

Dari hasi sosialisasi SPMI diharapkan, bisa menjadi agen untuk menyebarkan SPMI di lingkungan sekolah masing-masing. SPMI sendiri, merupakan sistem penjaminan mutu yang dilaksanakan dalam satuan pendidikan dan dijalankan oleh seluruh komponen satuan pendidikan. 

Sistem penjaminan mutu pendidikan berfungsi, sebagai pengendali penyelenggaraan pendidikan oleh satuan pendidikan untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu. 

“Jika bercerita tentang peningkatan mutu pendidikan di Riau, perlu peran serta dan tanggung jawab seluruh pihak mulai dari pemerintah pusat hingga pemerintah daerah. Dengan adanya SPMI ini, maka ada bahan acuan bagi Dinas Pendidikan Riau dalam meningkatkan mutu pendidikan,” ujar Rudy, Selasa (4/2/2020). 

"Kita butuh kerja sama semua pihak, mulai dari pemerintah, tenaga pendidik dan masyarakat. Jujur saja, saat ini kita tidak memiliki data standar terhadap nilai mutu pendidikan di sekolah-sekolah yang ada Riau. Jika tergolong kategori jelek dibandingkan provinsi lain, jadi kita bisa perbaiki di masa mendatang. Ini yang kita harapkan, jadi mohon kiranya LPMP Riau memberikan masukan atau rekomendasi sehingga bisa menjadi bahan evaluasi bagi masing-masing Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota," kata Rudi. 

Sementara itu, Kepala LPMP Riau, Yudi Nurman mengatakan, dalam rangka meningkatkan penjaminan mutu pendidikan di Riau, banyak hal yang sudah dilakukan oleh LPMP Riau termasuk dari segi inovasi dan pelayanan. Bahkan dari hasil evaluasi yang dilakukan, ada sejumlah masukkan dan rekomendasi yang diberikan kepada masing-masing sekolah sesuai dengan laporan SPMI yang diberikan. 

"Acara sosialisasi SPMI, merupakan kegiatan awal untuk agenda LPMP Riau tahun 2020. Dalam mewujudkan percepatan penjaminan mutu pendidikan di Riau, perlu dilakukan penyamaan persepsi dari seluruh pihak. Untuk tahun ini, kita juga sudah siapkan info grafis serta pemetaan sehingga bisa menjadi acuan atau bahan evaluasi bagi Dinas Pendidikan Kabupaten-Kota se Riau. Sekolah ini di daerah ini, apa yang kurang, apa yang harus ditingkatkan, udah ada semua rekomendasinya dari kita, jadi Dinas Pendidikan tinggal membenahinya," ungkap Yudi Nurman. 

Nantinya, dengan adanya hasil SPMI dan evaluasi yang diberikan maka diharapkan terjadinya peningkatan mutu pendidikan pada level sekolah yang cukup signifikan dari waktu ke waktu. Bahkan LMPM Riau berencana, akan melakukan sosialisasi ke daerah terkait SPMI karena masing-masing daerah memiliki kekurangan dan kelebihan yang berbeda-beda.


Reporter: Nurmadi



[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar