Politik

Rayu Fraksi PDIP Minta Dukungan Jadi Wagub DKI, Riza: Musuhan di Pilpres Tapi Balik Lagi

Cawagub DKI Jakarta dari Partai Gerindra Ahmad Riza Patria sambangi Fraksi PDIP (istimewa)

RIAUMANDIRI.ID, JAKARTA – Calon Wakil Gubernur (Cawagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, kembali melanjutkan safari politiknya. Kali ini, Riza mengunjungi Fraksi PDIP untuk mengumpulkan dukungan dalam perebutan kursi DKI 2.

Riza hadir bersama jajaran Fraksi Gerindra, seperti Ketua Fraksi Rani Mauliani dan Ketua DPD DKI Mohamad Taufik beserta sebagian anggota fraksi.

Sementara dari PDIP yang menerima kunjungan rombongan Riza terdiri dari Ketua Fraksi PDIP Gembong Warsono bersama anggotanya seperti Ima Mahdiah, Yuke Yurike dan Pantas Nainggolan.

Dalam kunjungannya, Taufik terang-terangan menyatakan ingin meminta dukungan partai berlambang banteng moncong putih tersebut. Menurutnya, PDIP adalah kunci kemenangan bagi pemilihan wagub kali ini.

"Kunci kemenangan selalu menentukan, makanya PDIP kita ambil terakhir (dikunjungi)," ujar Taufik di ruang fraksi PDIP, Rabu (5/2/2020).

Ungkapan Taufik yang menyebut PDIP penentu kemenangan bukan tanpa dasar. Lantaran, pemilihan wagub kemungkinan besar akan dilakukan melalui mekanisme pemungutan suara oleh masing-masing anggota dewan.

Sementara saat ini, PDIP memiliki kursi terbanyak, yakni 25 dari keseluruhan anggota DPRD yang berjumlah 106 kursi. Dengan total jumlah anggota DPRD dari Gerindra, yaitu 19 orang, maka otomatis jika mendapatkan dukungan dari PDIP, Riza langsung mengantongi 44 suara.

Sementara Riza sendiri mengaku yakin akan mendapat dukungan dari partai besutan Megawati Soekarnoputri tersebut. Lantaran berkaca pada hubungan Gerindra dengan PDIP di pemerintah pusat yang kian harmonis.

"Kadang musuhan di Pilpres tapi balik lagi. Apalagi sesama partai nasional," jelasnya.

Menanggapi pernyataan Riza dan Taufik, Ketua Fraksi PDIP Gembong Warsono mengaku belum bisa menyatakan dukungannya. Jika PDIP terlalu dini mengambil keputusan, kata Gembong, maka pemilihan wagub sudah selesai.

"Enggak bisa kita tentukan sekarang. Kalau tentukan sekarang, selesai pemilihan wagubnya," kata dia.

Sejauh ini, Riza sudah mengunjungi semua fraksi kecuali PKS yang mencalonkan Nurmansyah Lubis sebagai kompetitor perebutan kursi wagub. Ia mengaku mendapatkan banyak masukan selama melakukan safari politik.

Meski demikian, sudah ada dua partai yang menyatakan akan mendukung Ketua DPP Gerindra ini, yakni Fraksi Golkar dan PAN. Sementara partai lainnya memilih menunggu keputusan DPP atau hasil fit and proper test.


Tags Politik

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar