Olahraga

Stadion Utama Riau Besar dan Megah, Iwan Bule: Perlu 5 Stadion Pendukung untuk Latihan

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, saat meninjau Stadion Utama Riau bersama Sekjen PSSI Ratu Tisha, dan didampingi Gubernur Riau, Syamsuar, Kamis (23/2/2020).

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU - Pengalaman Riau menjadi tuan rumah Piala AFC U22 pada tahun 2012, menjadi modal bagi Riau untuk menjadi salah satu tuan rumah Piala Dunia U20 tahun 2021 mendatang. 

Hal itu dikatakan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, saat meninjau Stadion Utama Riau bersama Sekjen PSSI Ratu Tisha, dan didampingi Gubernur Riau, Syamsuar, Kamis (23/2/2020).

Ketum PSSI M Iriawan memuji Stadion Utama Riau yang besar dan megah. Bahkan stadion kebanggaan masyarakat Riau ini berkapasitas 43 ribu penonton dengan single seat. Namun beberapa tahun ini terbengkalai sehingga masih harus banyak perbaikan, terutama rumput stadion yang harus diganti.

“Stadion ini masuk dalam salah satu kandidat untuk World Cup U20. Stadion ini besar dan megah, ada beberapa kendala di mana beberapa tahun tidak terawat. Yang pasti lapangan pasti seperti rumput diangkat, kalau menjadi venue world cup syarat dan pendukung lainnya dipenuhi,” ujar M Iriawan. 

Setelah melihat dan menjajal rumput Stadion Utama Riau, Iriawan yang akrab dipanggil Iwan Bule ini, menyempatkan diri melihat kondisi dalam stadion utama, yang juga menjadi salah satu syarat layaknya stadion digunakan untuk pertandingan internasional. Iwan Bule memberikan beberapa catatan kepada Pemprov Riau, untuk melengkapi kekurangan-kekurangan yang harus dipenuhi.

“Untuk ruang ganti pakaian cukup bagus, hanya menambah loker-loker dan kursi. Kemudian ada tangga untuk pemain yang bukan tangga biasa, tapi ada karpet sehingga tidak menimbulkan cedera bagi pemain. Yang lain di luar secara kasat mata ada perbaikan, untuk kursi sudah single seat tinggal penomoran,” kata Iwan. 

Untuk selanjutnya, selain pembenahan di Stadion Utama Riau, yang harus dibenahi dan dilengkapi oleh pemerintah Provinsi Riau, yakni kelengkapan sarana latihan bagi peserta piala dunia. Di mana stadion atau lapangan pendukung untuk latihan juga harus ada. Sehingga para peserta bisa menjalani latihan dengan tenang.

“Yang terpenting bagi kami bagaimana mempercepat stadionnya. Attensi dari kepala daerah itu menjadi catatan kami, stadion utama dijadikan sebagai stadion utama World Cup U20. Selain itu ada stadion pendukung yang menjadi tempat latihan,” ungkapnya.

“Yang menjadi dalam catatan kami ada lima stadion yang akan dijadikan, pertama Stadion Kaharuddin Nasution Rumbau, kedua lapangan atletik Rumbai, ketiga lapangan SPMN 6 Rumbai, keempat stadion mini Unri, dan kelima lapangan SMEA, semuanyan harus standar dan tertutup, ada runag ganti pakaian. Yang terpenting lapangan latihannya,” ungkapnya lagi.


Reporter: Nurmadi


Tags BOLA

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar