Olahraga

Targetkan 10 Besar PON Papua, Marciano: Riau Pandai Memilih Cabor Prioritas

Sekdaprov Riau Yan Prana Jaya disaksikan Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman dan Ketua KONI Riau Emrizal Pakis membuka rapat anggota tahunan KONI Riau, Jumat malam. (Foto: RMid/Nurmadi)

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU - Ketua Umum KONI Riau, Emrizal Pakis menargetkan Riau masuk 10 besar pada PON XX di Papua. Saat ini pihaknya mengaku telah memetakan cabang olahraga yang akan meraih medali emas dari hasil kejuaraan nasional (Kejurnas) dan juga Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatra. 

“Pada Porwil di Bengkulu kita berhasil kembali meraih juara umum untuk yang kedua kalinya, dan pada PON Jawa Barat tahun 2016 kita berhasil meraih peringkat ke 7, kita berada di atas DIY dan Banten. Untuk PON XX di Papua, sesuai dengan harapan Gubernur masuk 10 besar. Dengan jumlah medali yang ditargetkan 20 sampai 30 medali emas,” ujar Emrizal Pakis, saat menyampaikan sambutan pada acara rapat anggota tahunan KONI Riau, di Hotel Aryaduta, Pekanbaru, Jumat (14/2/2020) malam.

Dijelaskannya, pada Kejurnas Riau mengikuti sebanyak 37 cabor, dan telah moloskan 27 cabor dengan 185 atlet. Di samping 37 cabor, ada 10 yang dipertandingkan di luar Kejurnas, dan berhasil meloloskan sebanyak 29 atlet. Dengan demikian jumlah atlet Riau yang lolos PON Papua sebanyak 224 atlet.

Pada kesempatan tersebut, mantan asisten II Setdaprov Riau ini kembali menyampaikan kekurangan anggaran yang dibutuhkan oleh KONI Riau untuk menuju PON XX di Papua. Dimana anggaran yang sudah berikan untuk KONI Riau lebih kurang Rp20 miliar. Sementara dengan jumlah atlet yang lolos sebanyak 224 atlet, masih membutuhkan anggaran sebanyak Rp20 miliar, dengan total anggaran sebesar Rp40 miliar. 

“Kita masih membutuhkan anggaran yang besarnya sama dengan yang dibutuhkan sekarang. Pak Sekda mengatakan, ada uang dan bisa mempercepat APBD perubahan. Ada beberapa dunia usaha seperti Chevron, SKK Migas, mudah-mudahan besaran bantuan yang diberikan membantu tiket atlet kita. Begitu juga dengan perusahaan swasta yang lainnya,” harap Emrizal Pakis.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman yang hadir pada rapat anggota KONI Riau ini, mengapresiasi kerja keras KONI Riau, dengan mendapatkan dukungan penuh dari Pemprov Riau, melahirkan atlet-atlet yang memperkuat tim nasional Indonesia. 

“Riau pandai dalam memilih cabor prioritas, membina seluruh cabor dengan perhatian yang sama. Tambang emas dalam olahraga pada renang dan atletik. Terutama renang, luar biasa Riau dan menjadi andalan tim nasional,” ujar Marciano. 

“KONI Riau mendapat perhatian khusus dari Pemprov dan juga dari dunia usaha Chevron, SKK Migas, dan lainnya. Saya optimis Riau akan memberikan atlet nasional ke depannya,” kata Letnan Jenderal Purnawirawan ini. 

Rapat anggota KONI Riau tahun 2020 dibuka secara resmi oleh Gubernur Riau yang diwakili oleh Sekdaprov Riau, Yan Prana Jaya. Selanjutnya Sekdaprov Riau, menyerahkan cenderamata kepada Ketua Umum KONI Pusat.


Reporter: Nurmadi


Tags Olahraga

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar