Nasional

Dibolehkan Pulang dan Tak Satu pun Positif Corona, WNI dari Wuhan Menangis Haru

M Cik Nang, Keluarga salah satu WNI yang dikarantina di Natuna Asal Bogor (IDN Times)

RIAUMANDIRI.ID, NATUNA– Suasana haru menyelimuti upacara pelepasan warga negara Indonesia (WNI) di hanggar di Pangkalan Udara Raden Sadjad, Natuna. Selama dua pekan mereka dikarantina di sana setelah dievakuasi dari Wuhan, Tiongkok yang dilanda wabah virus corona baru, COVID-19. Hari ini, Sabtu (15/2), mereka kembali ke daerah masing-masing.

"Dengan keceriaan dan kebahagiaan ini mereka dalam kondisi sehat. Karena sejak kemarin pagi dan tadi dibuktikan tenaga medis bahwa mereka semuanya 243 terdiri dari 79 pria dan 176 wanita, 3 anak dalam keadaan sehat wal afiat," kata kata Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I, Yugo Margono di lansir dari Antara, Sabtu (15/2/2020).

Beberapa WNI tampak meneteskan air mata ketika berbaris rapi mendengar sambutan sambil membawa bendera merah putih.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy memastikan siswa Indonesia tetap bisa melanjutkan studinya, baik kembali ke Tiongkok nantinya atau melanjutkan di dalam negeri.

"Kelanjutan studi akan kita bicarakan lebih lanjut setelah ini selesai. Yang penting mereka sudah kembali ke Indonesia. Biar tenang dulu, bersosialisasi dulu. Kemudian baru kita hitung, terutama para mahasiswa, apakah akan kembali ke tempat studi mereka sampai menunggu wabah ini berakhir," kata Menko PMK.

Sementara itu, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto memastikan kondisi WNI yang berada dalam observasi di Natuna dinyatakan sehat tanpa adanya gejala-gejala COVID-19. Kemenkes sendiri sudah mengeluarkan surat keterangan bebas COVID-19 untuk dibawa para WNI yang pulang ke daerahnya masing-masing.

Menkes Terawan berpesan agar mereka menjaga kesehatan. "Terus olahraganya, yang ringan-ringan saja yang penting bisa tetap bergerak. Makan yang gizi cukup supaya tetap sehat. Jangan lupa minum jamu," ujarnya.


Tags Kesehatan

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar