Nasional

Kemenkes: Kondisi 3 WNI Positif Virus Corona di Kapal Pesiar Jepang Stabil

Kapal pesiar Diamond Princess (dok. AFP)

RIAUMANDIRI.ID, JAKARTA – Sebanyak 3 WNI di kapal pesiar Diamond Princess yang dikarantina di perairan Yokohama Jepang dinyatakan positif terkena virus corona COVID-19. Ketiga WNI tersebut saat ini tengah ditangani oleh otoritas kesehatan Jepang.

Menanggapi hal ini, Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Pengakit (P2P) Kementerian Kesehatan, dr Achmad Yurianto menjelaskan, ketiga WNI tersebut dalam kondisi stabil. Ia memercayakan penuh otoritas kesehatan Jepang dalam menangani ketiga WNI yang positif COVID-19.

"Kondisinya stabil, dan kita tidak meragukan kapasitas yang dimiliki oleh otoritas kesehatan jepang untuk melakukan pelayanan ini," jelasny saat ditemui di Lantai 5 Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (18/2/2020).

Ketiga WNI ini disebut sudah dirawat di RS Jepang. Namun Kemenkes menegaskan identitas dan tempat RS tidak bisa diungkap, karena terkait dengan persoalan etika.

"Bukan menutupi, etikanya seperti itu, identitas, dan nama rumah sakitnya tidak bisa diketahui. Ini untuk menjaga agar masyarakat nantinya tidak takut (datang) ke RS itu, nanti kan sepi, kasian," lanjutnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, hal ini juga diberlakukan pada WNI yang positif terkena COVID-19 di Singapura. Identitas dan nama rumah sakit terkait pasien tersebut tidak dijelaskan.

"WNI ini sakitnya di hari ke-10," ungkapnya.


Tags Kesehatan

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar