Nasional

Muhadjir Usul Menag Buat Fatwa Orang Kaya Nikahi Orang Miskin

Menko PMK, Muhadjir Effendy

RIAUMANDIRI.ID, JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengusulkan kepada Menteri Agama Fachrul Razi agar membuat fatwa terkait pernikahan antarstrata ekonomi. Tujuannya, untuk mengurangi kemiskinan.

Muhadjir menuturkan, berdasarkan data 2019 terdapat 57,6 juta keluarga di Indonesia. Dari jumlah tersebut 9,4 persen atau 5 juta lebih merupakan rumah tangga miskin.

"Jika jumlah iu ditambah dengan keluarga hampir miskin (lebih mudah jadi miskinnya ketimbang jadi kaya) maka akan menjadi 16,8 persen atau sekitar 15 juta,” kata Muhadjir dalam Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Rakerkesnas) 2020 di Jakarta, Rabu (19/2/2020).

Dia mengatakan, pemerintah dianjurkan untuk menyelamatkan para keluarga dari DNA kemiskinan yang banyak terdapat di Indonesia. Salah satunya melalui masa pranikah.

Kemenko PMK pun menginisiasi untuk menangani masa sebelum berkeluarga atau pranikah, demi menyelamatkan keluarga sebelum menikah.

Muhadjir menuturkan, rumah tangga miskin kerap mengarah kepada pengingkaran. Banyak masalah timbul dan bersumber dari keluarga miskin.

“Di Indonesia ada ajaran agama yang disalahtafsirkan, kalau mencari jodoh itu setara, apa yang terjadi? Orang miskin cari sesama miskin," ucap mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang ini.

Akibatnya, timbul rumah tangga miskin baru. Beban negara pun jadi bertambah. Karena itu dia berharap Menag membuat fatwa yang bisa mengatur agar itu tidak terus terjadi.

"Mbok disarankan sekarang dibikin Pak Menteri Agama bikin fatwa, yang miskin wajib cari (menikah dengan) yang kaya, yang kaya cari yang miskin," kata Muhadjir.


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar