Pekanbaru

Cerita Pemilik Sultan Resto Siapkan Jamuan Makan Malam Presiden Jokowi dalam 30 Menit

Jokowi bersama pemilik dan karyawan Sultan Resto (Istimewa)

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU – Telepon gengam pemilik Sultan Resto, Rahman, berdering. Seorang protokoler Gubernur Riau menghubunginya, dan mengatakan bahwa Presiden RI Jokowi, makan malam di tempatnya. 

Rahman pun berkipas alias kalang kabut. Betapa tidak, Kamis malam (21/2/2020) itu, di sela kunjungan presiden ke Riau, dalam waktu sekitar 30 menit dia harus menyiapkan makanan istimewa khas Melayu untuk orang nomor satu di negara ini.

Tak hanya protokoler Gubernur Riau yang menghuhungi Rahman, Paspampres juga langsung menelpon ke Sultan Resto untuk reservasi tempat. Hal ini membuat Rahman semakin tegang. 

Untung saja dia sudah pengalaman untuk melakukan persiapan jamuan makan sesuai protap presiden. Semua tim Sultan Resto malam itu sudah siap bekerjasama.

"Tak ada steril tempat, sekitar setengah jam kami harus menyiapkan makanan khas Melayu. Tak ada hambatan karena makanan itu semua memang sudah tersedia, tinggal dimasakkan saja lagi," kata Rahman, Jumat (21/2/2020) menceritakan.

Sekitar pukul 20.00 WIB, rombongan RI 1 tiba di Sultan Resto. Tampak mendampingi Jokowi, Menteri Moldoko, Menteri PUPR, Gubernur Riau Syamsuar, Bupati Kampar Catur.

"Kami hidangkan makanan asam pedas patin, patin bakar bambu, ikan salai sambalado, dan pindang senangen. Alhamdulillah, presiden dan rombongan sangat menikmati hidangan kami," ungkap Rahman. 

Presiden Jokowi, kata Rahman, malam itu adalah untuk yang kedua kalinya menyantap makanan dari Sultan Resto. Sebelumnya, ketika diberi gelar oleh LAMR beberapa waktu lalu, Jokowi juga sempat menikmati lesatnya makanan restauran Melayu itu. 

"Sebelumnya, karena kecapean Presiden Jokowi tidak datang langsung ke Sultan Resto. Makanan kita diantar ke hotel tempat presiden menginap. Kalau malam tadi presiden datang langsung makan ke Sultan Resto," ujar Rahman.

Setelah semua berlalu dan prosesi makan malam presiden berjalan lancar,
Rahman memanjatkan syukur. "Alhamdulillah semuanya berjalan lancar. Sesuai protap malam itu, saat presiden makan kita tidak boleh ambil fotonya. Kita hanya bisa berfoto ketika beliau siap makan," ucap Rahman.

Kunjungan kerja Presiden Jokowi bersama rombongan ke Riau untuk meninjau langsung penangulangan Karhutla di Riau, selain itu dia juga meresmikan pabrik Asia Pacific Rayon di Pelalawan. Kemudian Jokowi akan meninjau pembangunan jalan tol Pekanbaru-Dumai, tepatnya di Seksi I. 

Presiden juga akan berkunjung ke Tanaman Hutan Raya (Tahura) Sultan Syarif Hasyim, di Kecamatan Minas, Siak. Di sana presiden juga akan membagikan sertifikat Hutan Adat untuk Kampar. Presiden juga sempat berkunjung ke MTsN 3 Pekanbaru. Dari Riau, presiden direncanakan melakukan sejumlah kegiatan di Aceh.


Reporter: Nurmadi



[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar