Nasional

Dalam 2 Hari, RSUP Persahabatan Rawat 10 Pasien Suspect Virus Corona

Ruang Isolasi di RSUP Persahabatan tempat dirawatnya 10 pasien suspek virus Corona Covid-19 (Suara)

RIAUMANDIRI.ID, JAKARTA – Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan mengonfirmasi telah menerima 10 pasien rujukan terkait virus corona Covid-19. Seluruh pasien itu dalam proses pengawasan di rumah sakit.

Direktur Utama RSUP Persahabatan, Rita Rogayah mengatakan, rumah sakitnya juga melakukan pemantauan terhadap sejumlah pasien. Seluruh pasien itu dirujuk sejak 3 dan 4 Maret 2020.

"Saat ini kami sudah mendapat rujukan sebanyak 10 pasien, yang kami lakukan perawatan untuk pasien ini dalam proses pengawasan. Selain itu kami juga ada orang dalam pemantauan sampai saat ini dalam proses pemantauan sebanyak 21 orang," kata Rita dalam konferensi pers di RSUP Persahabatan, Jakarta, Rabu (4/3/2020).

Rita menjelaskan, pasien dalam pengawasan memiliki gejala kelainan pneumonia. Gejala tersebut di antaranya adalah batuk, demam, dan sesak napas.

"Kemudian dilakukan foto rontgen ada kelainan pneumonia. Ditambah riwayat erat dengan pasien posotif atau dari negara terjangkit," paparnya.

Sementara pasien dalam pemantauan hanya mengalami gejala ringan namun memiliki riwayat kontak dengan pasien positif covid-19.

"Kami sudah sepakat jika pasien di RS Soeroso sudah penuh maka akan dirujuk di RSUP Persahabatan," katanya.

Selain RS Soeroso dan RSUP Persahabatan, Rumah sakit Gatot Soebroto juga menjadi tempat rujukan. Kemudian dutambah kembali lima rumah sakit di antaranya, RS Fatmawati, RS Poli Kramat Jati, RS TNI AL, RSUD Pasar Minggu, dan RSUD Cengkareng.


Tags Corona

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar