Nasional

Target 1 Bulan Rampung, Jokowi Bangun Rumah Sakit di Batam Hadapi Wabah Corona

Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto (Ist)

RIAUMANDIRI.ID, BATAM – Presiden Joko Widodo menginginkan adanya rumah sakit khusus penanganan penyakit menular, termasuk virus Corona di Pulau Galang di Kota Batam, Kepulauan Riau.

Presiden lantas mengutus Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk mengecek kondisi eks kamp pengungsi Vietnam yang akan dialihfungsikan menjadi rumah sakit tersebut.

Hadi Tjahjanto bersama Basuki Hadimuljono tiba di Pulau Galang pada Rabu (4/3/2020) siang. Keduanya meninjau langsung kondisi terkini eks kamp pengungsi Vietnam tersebut.

Panglima TNI mengatakan, pembangunan rumah sakit khusus penderita penyakit menular di kawasan eks kamp pengungsi Vietnam ini ditargetkan rampung dalam satu bulan.

Bangunan yang akan direnovasi adalah bekas rumah sakit yang dulunya digunakan untuk melayani para Manusia Perahu di kamp tersebut.

"Lokasi ini akan kita rehab sebagai tempat untuk menyembuhkan bagi masyarakat yang terinfeksi Corona," kata Hadi.

Nantinya, rumah sakit tersebut bisa menampung 1.000 pasien dan memiliki ruang isolasi sebanyak 50 kamar.

Seperti yang disampaikan oleh Presiden, Panglima TNI menyatakan pemilihan Pulau Galang sebagai lokasi rumah sakit khusus penanganan penyakit menular dikarenakan akses yang memadai.

"Alasan pemilihan renovasi di Pulau Galang ini karena berdekatan dengan bandara Hang Nadim Batam," kata dia.



[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar