Nasional

Ahli Kesehatan Sebut Transaksi dengan Uang Kertas Bisa Tularkan Virus Corona

Ilustrasi (net)

RIAUMANDIRI.ID, JAKARTA – Para ahli memeringatkan bahwa uang kertas kotor mungkin bisa menyebarkan virus corona Covid-19. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun mendesak semua orang untuk melakukan transaksi tanpa kontak dalam upaya menurunkan risiko penularan virus.

Peringatan ini keluar ketika virus corona Covid-19 terus terdeteksi di seluruh Eropa dengan jumlah korban yang terus meningkat hingga menyaingi asal wabah virus di China.

WHO menyarankan agar semua orang selalu mencuci tangan setelah menyentuh uang kertas. Karena, virus corona bisa menempel di mata uang kertas dengan cara yang sama ketika virus hidup di gagang pintu rumah, gagang pintu toilet dan lift.

Apalagi uang kertas sudah pasti pernah berpindah tangan ratusan kali. Kondisi ini meningkatkan segala bentuk kotoran dari serangga atau manusia menempel di permukaan mata uang kertas.

"Kami tahu bahwa uang sering berpindah tangan dan ada banyak jenis bakteri serta virus yang menempel," kata juru bicara WHO dikutip dari The Sun.

Karena itulah, WHO menyarankan orang untuk mencuci tangan setelah memegang uang kertas dan menghindari menyentuh wajahnya. Jika memungkinkan, WHO menyarankan semua orang untuk melakukan pembayaran tanpa kontak untuk mengurangi risiko penularan.

Bank of England juga mengakui bahwa uang kertas bisa membawa bakteri atau virus. Sehingga pihaknya mendesak semua orang agar mencuci tangan setelah memegang uang.

Sebelumnya, China dan Korea telah mengambil langkah untuk mendesinfeksi dan mengisolasi uang kertas sebagai upaya untuk menghentikan penyebaran penyakit.

Sebuah studi tentang virus corona Covid-19 yang diterbitkan dalam Journal of Hospital Infection, mengungkapkan bahwa virus corona manusia bisa menular pada permukaan benda mati hingga 9 hari dalam suhu kamar.

Meskipun demikian, para ahli mengatakan kalau virus bisa cepat mati atau tidak aktif jika disemprot disinfektan dan ketika berada di suhu yang lebih tinggi.


Tags Corona

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar