Nasional

Pulang ke Indonesia, 2 ABK Diamond Princess Sembuh Corona Dikarantina Ulang

Kapal pesiar Diamond Princess (Getty Image)

RIAUMANDIRI.ID, JAKARTA – Menyusul kesembuhan dua Anak Buah Kapal (ABK) Diamond Princess dari virus corona (covid-19) selama dikarantina di Jepang, Kementerian Kesehatan menyatakan akan mengkarantina ulang mereka di Badan Pelatihan Kesehatan Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

"Mereka akan pulang dengan pesawat komersial, tapi akan kami lakukan karantina di Badan Pelatihan Kesehatan Cikarang," ujar Dirjen Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Kemenkes Anung Sugihantono melalui keterangan tertulis yang diterima CNNIndonesia.com, Rabu (4/3).

Sebelumnya, menurut keterangan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, 4 dari 9 ABK Diamond Princess yang positif corona telah dinyatakan sembuh. 

Anung mengatakan, dua ABK lain yang telah dinyatakan sembuh masih berada di hotel di Jepang. Terkait kepulangannya, menurut Anung, menjadi kewenangan Kementerian Luar Negeri. 

"Mereka sudah tidak dikarantina, istirahat di hotel. Pulang dari RS-nya tidak bareng, jadi beda-beda perlakuannya," katanya. 

Sementara itu Sekretaris Dirjen P2P Kemenkes Achmad Yurianto menyebut kepulangan dua ABK itu difasilitasi oleh pihak Diamond Princess. Ia memastikan dua ABK itu dalam kondisi sehat.

"Itu (yang fasilitasi) perusahaan dari kapalnya itu. Dan kalau sudah dua kali pemeriksaan negatif pasti diizinkan pulang," ucapnya. 

Sementara terkait dua ABK sisanya menunggu keputusan dari otoritas Jepang dan pihak Kemlu. "Yang memutuskan pulang itu otoritas Jepang, bukan kita," tutur Achmad. 

Diketahui, ada 78 warga negara Indonesia yang bekerja sebagai anak buah kapal di kapak pesiar Diamond Princess. Mereka sempat dikarantina di Yokohama, Jepang.

Pemerintah Indonesia lalu memutuskan untuk menjemput mereka. Namun, tidak semuanya diboyong pulang ke tanah air.

Pemerintah menyatakan ada 9 ABK yang positif terinfeksi virus corona sehingga tidak diperbolehkan menuju Indonesia oleh pemerintah Jepang. Dengan demikian, hanya 69 ABK yang dijemput pemerintah Indonesia lalu dikarantina di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, Jakarta.

Seiring berjalannya waktu, pemerintah menyatakan ada 4 dari 9 ABK yang sembuh dari virus corona. Mereka sudah diperbolehkan pulang oleh pemerintah Jepang.


Tags Corona

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar