Pekanbaru

Kejaksaan di Riau Berlakukan Pemeriksaan Virus Corona Kepada Pegawai-Tamu

Kajari Pekanbaru, Andi Suharlis, melakukan pemeriksaan suhu badan terhadap tamu yang datang di Kantor Kejari Pekanbaru, Rabu (HR/Dodi)

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU – Berbagai pihak berupaya melakukan langkah antisipasi untuk mencegah masuknya virus corona di Indonesia. Termasuk di institusi Kejaksaan yang ada di Riau.

Setidaknya itu yang terlihat di Kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Pekanbaru, Rabu (4/3/2020). Setiap tamu yang datang di dua institusi Korps Adhyaksa itu, wajib menjalani proses pemeriksaan suhu badan.

Dikatakan, Kepala Seksi (Kasi) Penerangan Hukum (Penkum) dan Humas Kejati Riau, Muspidauan, upaya itu dilakukan guna menindaklanjuti Surat Edaran Jaksa Agung Muda Pembinaan (Jambin) Kejaksaan Agung Nomor B-100/C/CUM.1/03/2020. Surat tertanggal 3 Maret 2020 ini dengan perihal Pencegahan dan Penanggulan Virus Corona.

Surat Edaran itu, kata dia, ditujukan kepada Kejati dan Kejari di seluruh Indonesia. Selain itu, turut diimbau melakukan beberapa langkah guna mengantisipasi penyebaran dan penularan virus corona di antaranya pendeteksian melalui alat pengukuran suhu terhadap karyawan dan tamu.

Tidak hanya itu, mereka juga harus melakukan sosialisasi mengenai gejala, tanda-tanda dan cara-cara mengenai upaya pencegahan dan penularan virus corana.

"Iya, kami melakukan pemeriksaan suhu badan pegawai maupun tamu yang masuk ke Kantor Kejati. Ini menindaklanjuti surat edaran dari Jambin dalam rangka mengantisipasi penyebaran virus corona," ujar Muspidauan, Rabu petang.

Proses pemeriksaan itu, lanjut dia, sudah dimulai pada Rabu kemarin. Hal itu seperti terlihat di gerbang kantor yang berlokasi di Jalan Jendral Sudirman Pekanbaru. Di sana tampak petugas keamanan yang memegang pengukur suhu.

Setiap kendaraan, baik mobil maupun sepeda motor, dihentikan laju kendaraannya. Kemudian, petugas menempelkan alat pengatur suhu ke kening pegawai serta tamu untuk mengetahui berapa suhu badannya.

"Hasil pemeriksaan suhu tadi (kemarin,red), tidak ada ditemukan pegawai maupun tamu yang suhu badannya tinggi," lanjut dia.

Pemandangan serupa juga terlihat di Kantor Kejari Pekanbaru. Seluruh pegawai maupun tamu yang datang, wajib diperiksa suhu badannya. Pengecakan ini dipimpin langsung oleh Kajari Pekanbaru, Andi Suharlis. 

"Kami juga melakukan pemeriksanaan suhu tubuh pegawai dan tamu yang masuk ke Kejari Pekanbaru. Ini untuk mengantisipasi penyebaran virus corona," singkat Andi Suharlis melalui Kasi Intelijen Kejari Pekanbaru, Budiman.


Tags Corona

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar