Pekanbaru

Viral Wali Santri Caci Maki Kiai, Anggota DPR RI Turun Tangan

Anggota DPR RI asal Riau, Achmad mengunjungi Ponpes Al-Mujtahadah Pekanbaru (ckc)

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU – Anggota DPR RI asal Riau, Achmad mengunjungi Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Mujtahadah Pekanbaru yang viral karena aksi mengamuk wali santri kepada salah seorang kiai di Ponpes tersebut.

Tak hanya sendiri, Achmad mengunjungi Ponpes tersebut dengan pejabat di lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi Riau dan Pekanbaru untuk menanyakan ihwal permasalahan tersebut.

"Dengan kejadian ini semoga menjadi pembelajaran bagi kedua belah pihak, dan bagi orang tua atau wali murid yang memasukkan anaknya itu ada standar-standar dari pondok yang harus dipatuhi," kata Achmad, Rabu (4/3/2020).

Achmad meminta kepada orang tua yang menitipkan anaknya di Ponpes untuk selalu memantau perkembangan anaknya, dan jika terdapat permasalahan yang terjadi kepada santri dapat menanyakan ke pengurus Ponpes.

"Jangan mendengarkan sepihak, tapi juga harus mendengarkan pihak lainnya serta harus tabayyun. Pendidikan moral, akhlak dan budi pekerti itu diutamakan di sini (Pesantren)," jelasnya.

Anggota Komisi VIII Daerah Pemilihan DPR RI (Dapil) Riau 1 ini menuturkan dirinya sengaja mengunjungi Ponpes tersebut untuk mengetahui akar permasalahan antara orang tua santri tersebut dan juga pihak Ponpes.

"Setelah ke lapangan dan melakukan cek dan ricek sehingga baru mendapatkan data yang sebenarnya, sehingga ini menjadi viral-viral yang tidak jelas. Dan semoga dengan pertemuan ini orang tua dapat menerima keputusan yang sudah disepakati dan tidak ada ancam-ancaman terkait pondok ini," ucapnya.

"Tapi kalau ancam-ancaman terus ini bisa berhubungan dengan pihak keamanan, saya akan melaporkan ke Polda kalau tetap ancam-ancaman seperti ini," tegas dia.

Hasil dari pertemuan tersebut, Politisi Partai Demokrat ini menjelaskan bahwa dari hasil tabayyun yang dimedisi oleh Kemenag Kota Pekanbaru beberapa siswa yang dikeluarkan tersebut tetap dapat mengikuti Ujian Nasional (UN).

"Atas persoalan ini sudah dimediasikan oleh Kemenag Kota Pekanbaru bahwa anak-anak tersebut tetap bisa mengikuti ujian nasional namun tidak bisa mengikuti proses belajar," tukasnya.

Baca Juga: Viral Wali Santri Caci Maki dan Pukul Kiai, Diduga Pondok Pesantren di Pekanbaru

Sebelumnya, viral video wali santri ngamuk dan mencaci maki kiai di Pondok Pesantren Al Mujtahadah di Jalan Handayani Gang Ros, Marpoyan Damai, Pekanbaru. Video tersebut beredar di media sosial.

Dalam video tampak seorang pria yang diduga merupakan wali santri pondok pesantren tengah memarahi sampai menunjuk-nunjuk muka kiai. Tak hanya itu, pria tersebut juga menampar muka kiai dengan kertas yang ada di tangannya.

Sang kiai hanya duduk diam dan menundukkan kepala saat dicaci maki pria yang diduga wali santri.


Tags Viral

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar