Tips & Kesehatan

Penasaran? Ini Gejala Dirasakan Pasien Virus Corona dari Hari ke Hari

Perawatan pasien corona di Wuhan China (AFP)

RIAUMANDIRI.ID, JAKARTA – Setelah virus corona baru Covid-19 masuk Indonesia, mungkin dari Anda banyak yang bertanya-tanya apa yang dirasakan seseorang yang positif terjangkit.

Seseorang yang terinfeksi virus corona COVID-19 umumnya mengalami gejala seperti orang flu, seperti demam dan batuk kering. Namun orang yang terinfeksi COVID-19 bisa mengalami gejala yang berbeda-beda pada setiap harinya.

Dokter spesialis okupasi dari departemen ilmu kedokteran komunitas Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Dr dr Dewi Sumaryani Soemarko, MS, SpOk, memberikan beberapa gejala yang bisa saja dirasakan pasien COVID-19. Berikut gejala yang muncul dari hari ke hari:

1. Hari pertama
Pasien akan mengalami demam yang disertai dengan nyeri otot dan batuk kering. Sebagian lainnya bahkan mengalami diare atau mual pada gejala awal.

2. Hari kelima
Pasien mulai mengalami kesulitan bernapas, terlebih jika sudah lanjut usia atau memiliki riwayat penyakit yang telah diidap sebelumnya.

3. Hari ketujuh
Menurut penelitian dari Universitas Wuhan, rata-rata pasien mulai dirawat di rumah sakit pada hari ketujuh setelah gejala awal.

4. Hari kedelapan
Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China (CCDC), sekitar 15 persen orang yang mengalami gejala berat akibat infeksi COVID-19 terkena sindrom gangguan pernapasan akut (ARDS). Penyakit ini terjadi akibat penumpukan cairan di paru-paru.

5. Hari kesepuluh
Umumnya pasien yang gejalanya kian memburuk akan mengalami rasa sakit di perut dan kehilangan nafsu makan dibandingkan dengan mereka yang bergejala lebih ringan.

6. Hari ketujuh belas
Rata-rata pasien yang sembuh dari COVID-19 dikeluarkan dari rumah sakit setelah dirawat selama dua setengah minggu.


Tags Corona

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar