Politik

KPU Riau Hadiri Bimtek SILON Lanjutan di Simalungun, Sumatera Utara

RIAUMANDIRI.ID, SIMALUNGUN - Tahapan Pemilihan Kepala Daerah 2020 terus bergulir. KPU terus berupaya mematangkan setiap tahapan yang dilalui. Dalam waktu dekat tahapan penerimaan pendaftaran para bakal calon pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota akan dihadapi. 

Sejauh ini KPU di seluruh Indonesia telah menyelesaikan tahapan penyerahan syarat dukungan minimal bakal calon perseorangan.

Untuk menyukseskan tahapan pencalonan pada pemilihan serentak 2020, KPU RI menyelenggarakan Bimtek Pencalonan di Sumatera Utara. 

Hadir dalam kegiatan tersebut Arif Budiman selaku Ketua KPU RI, Evi Novida Ginting, Hasyim Asyari, Pramono Ubaid, selaku anggota KPU RI, serta Deputi Teknis Eberta Wima dan Kabiro Tekmas Nursyarifah.

Dalam acara pembukaan, selain diisi dengan tari dan musik tradisional khas Batak Simalungun Sumatera Utara, juga diisi dengan penyematan Topi dan kain Ulos yang merupakan tanda kebesaran bagi para bangsawan di tanah Batak. Hadir juga dalam kesempatan itu Presiden persatuan orang Batak Se-dunia yang bertindak sebagai pemberi tanda kebesaran.

Arif Budiman menyampaikan amanah dalam sambutannya bahwa KPU itu adalah lembaga negara yang cukup besar di negara ini, bahkan pada momen tertentu jumlahnya akan berkali-kali lipat jumlah penyelenggarannya. Hal itu ditemui pada tahapan perekrutan badan adhoc pada setiap periodesasi Pemilu dan/atau Pemilihan. Maka sebagai orang yang dipercaya menduduki jabatan sebagai komisioner, tolong berikan yang terbaik selama masa kepemimpinannya.

Arif budiman juga menyampaikan harapannya agar para komisioner baik tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota untuk senantiasa melakukan kerja terbaik seperti berikut : 

1. Membangun transparansi pemilihan salah satunya dengan  melahirkan aplikasi sistem informasi seperti SILON yang dapat diakses publik sekaligus memudahkan cara kerja baik bagi para pemangku kepentingan seperti para calon maupun instansi lain seperti Bawaslu, serta tentu saja bagi KPU itu sendiri. 

2. Menjaga integritas penyelenggara pemilu.  hal ini hendaknya terus dipupuk agar senantiasa mengiringi setiap sikap dan tindakan yang dilakukan oleh para komisioner. 

3. Profesional. Hendaknya pengetahuan terkait kepemiluan tidak saja dimiliki oleh para komisionernya semata namun para pejabat dan staf Sekretariat hendaknya turut mempelajari dan peduli baik terhadap regulasi maupun mekanisme kepemiluan. “Karena masyarakat ketika datang ke kantor tidak akan langsung menanyakan mana komisonernya,” namun mereka akan bertanya tentang permasalahan atau informasi yang ingin mereka ketahui. Dan yang menjadi penerima tamu untuk pertama kalinya adalah secretariat tentunya tegas Arif.

Bimtek SILON lanjutan ini dilaksanakan selama 4 hari sejak 4 s.d 7 Maret 2020 bertempat di Hotel Niagara Kabupaten Simalungun – Sumatera Utara, dengan mengundang KPU Provinsi seluruh Indonesia yang diwakili oleh Divisi Teknis Penyelenggara, Kabag/Kasubbag Tekmas serta Operator SILON.

Sedangkan Divisi Tehnis KPU Riau Joni Suhaidi yang menghadiri kegiatan tersebut berujar, "Bimtek ini memperkuat pemahaman anggota KPU Provinsi Divisi Tehnis se-Indonesia terkait PKPU No.1 tahun  2020 tentang perubahan PKPU tahun 3 tahun 2017, PKPU 15 tahun 2017, dan PKPU 18 tahun 2018 tentang Pencalonan. Bimtek di Simalungun tersebut juga membentangkan analisis potensi gugatan terhadap status ditolak Bacalon dalam penyerahan dan pengecekan Dukungan-Sebaran perseorangan di beberapa daerah yang terdapat Bakal Calon perseorangan serta sinkronisasi pemahaman regulasi pencalonan bersama Bawaslu RI."

Joni Suhaidi menambahkan, "setelah mengikuti Bimtek ini, KPU Riau akan menindaklanjutinya dengan melaksanakan Bimtek Pencalonan di Provinsi Riau. KPU Riau akan mengundang divisi Tehnis KPU Kab/Kota se-Riau dan operator SILON untuk menyamakan persepsi serta menyampaikan arahan strategis lainnya pada pertengahan Maret 2020. Dengan demikian KPU di 9 Kabupaten dan Kota di Riau akan lebih matang dalam menghadapi tahapan Pencalonan pada pemilihan 2020.

Hadir juga Kasubag Tehnis Nirson dan Operator SILON KPU Riau, Mulyadi dalam Bimtek Pencalonan pilkada 2020 di Simalungun Sumatera Utara tersebut.     


Tags KPU

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar