DPD RI

Di Hadapan Anggota DPD RI, Relawan Literasi FTBM Riau Keluhkan Rendahnya Minat Baca

Relawan Literasi FTBM Riau bersama Anggota DPD RI Intsiawati Ayus (HR/Akmal)

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Intsiawati Ayus menyambangi penggiat literasi yang tergabung dalam Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Provinsi Riau di Salsabila Privat, Jalan Nenas, Kecamatan Sukajadi, Pekanbaru, Sabtu (7/3/2020).

Selain dalam rangka menjalin silaturahmi, Intsiawati Ayus dalam kesempatan itu juga menerima beberapa aspirasi yang disampaikan para relawan literasi tersebut, di antaranya meminta saran bagaimana cara menumbuhkan minat baca tidak hanya untuk sendiri namun juga terhadap komunitas.

Saran tersebut disampaikan oleh seorang relawan literasi, Indah, yang kerap menjadi persoalan yang dihadapinya di wilayah komunitas literasinya berada.

Menanggapi hal itu, Iin --sapaan akrab Intsiawati Ayus-- anggota DPD RI itu, mengakui bahwa keluhan tersebut menjadi permasalahan yang acap kali dirasakan oleh relawan literasi.

“Kita memiliki permasalahan dan keterbatasan yang sama. Tapi hal yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan literasi bisa dimulai dari diri kita dulu, yaitu dengan meningkatkan minat baca, bekali diri dengan membaca, buat strategi bagaimana mereka akan merasa tertarik, dengan begitu mereka akan mau membaca,” jelasnya, seperti dilansir dari riau.haluan.co –jaringan Haluan Media Group–.

Selama ini, Iin pun peduli dengan keberadaan literasi. Oleh karena itu, kehadirannya di taman bacaan ini tidak lain untuk saling berbagi pengalaman, maupun pengetahuan mengenai literasi.

Selain memberikan dukungan, dirinya pun menyarankan agar setiap forum literasi dapat melakukan komunikasi dengan lembaga ataupun pemangku kepentingan.

“Saya juga menyarankan seluruh forum taman bacaan besinergi dengan pemangku kepentingan dalam meningkatkan dan budaya literasi di Bumi Lancang Kuning. Dan untuk mewujudkan keinginan tersebut salah satu kegiatan yang dapat dilakukan oleh taman bacaan melalui ajang kompetisi di bidang literasi,” tutupnya.


Tags DPD RI

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar