Nasional

Jokowi Perintahkan RS Corona di Pulau Galang Selesai Dalam 2 Minggu

Presiden Jokowi (Antara)

RIAUMANDIRI.ID, JAKARTA – Pemerintah saat ini sedang merenovasi rumah sakit di Pulau Galang, Kepulauan Riau, untuk menangani pasien wabah virus corona. Menteri Koordinator PMK Muhadjir Effendy mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan agar renovasi rumah sakit itu selesai dalam 2 minggu.

"Dan Bapak Presiden sudah menginstruksikan kepada Panglima TNI kemarin waktu pertemuan khusus memberi tempo 2 minggu harus sudah selesai untuk siap," kata Muhadjir, di Kemenko PMK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (9/3/2020).

Muhadjir pun optimistis renovasi RS tersebut selesai dalam dua minggu. Nantinya, kata dia, RS itu akan digunakan hanya dalam keadaan darurat.

"Ya tapi mudah-mudahan jangan dioperasionalkan lah. Itu kan dioperasikan kalau memang nanti dalam keadaan sangat memaksa," ujar Muhadjir.

Muhadjir juga mengatakan, pembangunan RS itu menunjukkan bahwa pemerintah tidak main-main dalam menghadapi virus corona. Menurutnya Pulau Natuna siap sebagai tempat evakuasi, namun itu masih belum cukup.

Baca Juga: Target 1 Bulan Rampung, Jokowi Bangun Rumah Sakit di Batam Hadapi Wabah Corona

"Ini kan untuk menunjukkan bahwa pemerintah tidak main-main. Sebagai instruksi Pak Presiden, Natuna sudah siap kalau memang dalam keadaan memaksa, tetapi itu juga belum cukup kita siapkan cadangan lagi yaitu di Pulau Galang," ujar Muhadjir.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo menginginkan adanya rumah sakit khusus penanganan penyakit menular, termasuk virus Corona di Pulau Galang di Kota Batam, Kepulauan Riau.

Presiden lantas mengutus Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk mengecek kondisi eks kamp pengungsi Vietnam yang akan dialihfungsikan menjadi rumah sakit tersebut.

Kondisi rumah sakit di Pulau Galang, Kepulauan Riau saat ini (Istimewa)

Hadi Tjahjanto bersama Basuki Hadimuljono tiba di Pulau Galang pada Rabu (4/3/2020) siang. Keduanya meninjau langsung kondisi terkini eks kamp pengungsi Vietnam tersebut.

Panglima TNI mengatakan, pembangunan rumah sakit khusus penderita penyakit menular di kawasan eks kamp pengungsi Vietnam ini ditargetkan rampung dalam satu bulan.

Bangunan yang akan direnovasi adalah bekas rumah sakit yang dulunya digunakan untuk melayani para Manusia Perahu di kamp tersebut.



[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar