Riau

Terkait Ocu Mapan, Bupati Kampar Minta OPD Segera Bergerak

Bupati Kampar memimpin rapat terkait program unggulan Ocu Mapan.

RIAUMANDIRI.ID, BANGKINANG - Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto meminta OPD segera menggarap Rencana Pelaksanaan Program Unggulan Pengendalian Inflasi Daerah Melalui Inovasi Optimalisasi Cara Untuk Mendiri Pangan atau yang akrab disebut Ocu Mapan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar.

Hal tersebut disampaikan Bupati saat memimpin rapat Koordinasi dan Sosialisasi Rencana Pelaksanaan Program Unggulan Pengendalian Inflasi Daerah Melalui Inovasi Ocu Mapan (optimalisasi cara untuk mendiri pangan) di ruang rapat lantai III Kantor Bupati, Rabu (11/3/2020).

Bupati menambahkan, program Ocu Mapan ini bertujuan untuk 
pengendalian inflasi daerah.

"Kita ingat setiap saat apalagi menjelang lebaran semua bahan pokok pangan riskan harganya selalu naik. Makanya Pemda Kampar bersama Tim  Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) melakukam antisipasi hal tersebut bersama Ocu Mapan," jelas Bupati.

Pemerintah melalui TPID, lanjut dia, akan melakukan empat langkah strategis pengendalian untuk menjaga inflasi volatile food atau makanan bergejolak. Setiap tahun ditargetkan berada di rentang tiga hingga lima persen.

"Makanya dalam hal ini kita akan memperkuat empat pilar strategi tersebut, di antaranya keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, dan komunikasi efektif," papar Catur.

Upaya lain adalah memperkuat kelembagaan pertanian, disertai peningkatan kapasitas, pembiayaan, dan pengembangan ekosistem pertanian digital. 

Sedikitnya ada empat bahan pokok yang diwaspadai rentan mengalami kenaikan harga yakni daging ayam ras, telur ayam ras, cabai rawit merah, dan gula pasir. Untuk itu Catur juga meminta perlu adanya menjalin kerja sama setiap dinas terkait dalam mendorong kesuksesan Ocu Mapan.

"Dengan implementasi strategi ini akan difokuskan untuk menurunkan disparitas harga antarwaktu dan antarwilayah. Seperti diketahui, selama ini, ketika menjelang Ramadhan, harga bahan pokok cenderung anjlok. Begitu juga saat musim paceklik, harganya naik," terang Catur.

Sementara itu Kepala Dinas Ketahanam Pangan Kabupaten Kampar Ir Cokro Aminoto menyampaikan bahwa hal ini akan segera dilaksanakan secepat mungkin. Setiap program yang ada dinas yang berkaitan dengan Ocu Mapan, baik bidang pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan maupun perdagangan akan segera disinergikan.

"Kemudian dijadwalkan juga pada selasa besok 17 Maret 2020 akan dilaksanakan pemantauan harga bahan pokok di Pasar Kuok. Direncanakan juga ke depan akan mantau pasar di wilayah Utara Petapahan, wilayah Timur Siak Hulu dan wilayah Selatan di Koto Kampar Hulu atau Lipat Kain Kampar Kiri," papar Cokro.


Reporter: Ari Amrizal


Tags Ekonomi

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar