Tips & Kesehatan

Kaya Rempah Nasi Padang Disebut Penangkal Virus Corona, Begini Kata Ahli

Menu Nasi Padang (Thejakartapost)

RIAUMANDIRI.ID, JAKARTA – Sejak Pemerintah mengumumkan virus corona sudah masuk ke Indonesia, berbagai macam cara dicoba untuk menangkal diri agar tidak tertular virus tersebut.

Tak cuma dengan cara mengajak masyarakat dengan rajin mencuci tangan dan menjaga kebersihan diri, namun juga ada ajakan mengonsumsi nasi Padang.

Hal ini karena nasi Padang disebut mengandung rempah-rempah yang bisa dipercaya menangkal virus corona.

Isu tersebut pun menjadi hangat diperbincangkan. Namun para ahli justru memaparkan fakta berbeda.

Ahli Gizi dari Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil Padang, Rifza, mengatakan Nasi Padang memang terkenal enak bahkan sampai ke mancanegara.

Menurutnya, nasi Padang pun terkenal karena olahannya banyak menggunakan bumbu-bumbu rempah.

Seperti jahe, kunyit, laos, sereh, bawang putih, bawang merah, cabai, dan merica.

"Rata-rata masakan Padang menggunakan bumbu tersebut yang sangat kaya dengan antioksidan, termasuk penyakit yang disebabkan oleh virus," ungkap Rifza, belum lama ini.

Rifza menjelaskan, antioksidan merupakan zat yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari efek radikal bebas.

"Antioksidan seperti SOD, Flavonoid, karotenoid, Vitamin A dan Vitamin C berfungsi untuk menangkal radikal bebas dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terinfeksi," jelas Rifza.

Rifza mengatakan, orang yang daya tahan dan kekebalan tubuhnya rendah, akan mudah terserang penyakit.

Isu yang berkembang soal nasi Padang bisa menangkal virus corona, Rifza mengatakan itu tidak benar.

"Kalau bisa menangkal virus corona mungkin tidak benar juga ya," kata Rifza.

Menurut dia, banyak faktor yang menyebabkan seseorang terkena virus. Antara lain daya tahan tubuh yang rendah, pernah kontak dengan penderita, dan budaya hidup yang tidak sehat baik dari makanan maupun kebiasaan sehari-hari.

"Kita sebagai orang Padang tentunya dalam mengolah makanan sudah menggunakan rempah-rempah tadi yang kaya dengan antioksidan," sebut Rifza.

Dia berharap, dengan menerapkan pola hidup sehat dan mengkonsumsi makanan sesuai dengan gizi yang seimbang dan beraneka ragam, daya tahan tubuh akan meningkat sehingga virus pun tidak akan mudah menyerang.

Menurut dia, makanan yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan agar tubuh tidak mudah terserang penyakit yakni gizi seimbang.

"Isi piring makannya dengan porsi makanan pokok sepertiga bagian, sayur sepertiga bagian, buah-buahan seperenam bagian, dan lauk pauk seperenam bagian," tutur Rizfa.

Cara Mencegah Virus Corona

Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Achmad Yurianto mengatakan, mencegah virus corona sama dengan mencegah virus influenza biasa.

"Sebenarnya masyarakat itu kan sudah pintar. Influenza itu kan ada sejak zaman dahulu kala dan semua sudah tahu bagaimana harus bersikap, bagaimana tidak boleh bersikap supaya enggak ketularan," kata Yuri, belum lama ini.

"Ini hanya virusnya namanya Covid. Ini kan influenza yang virusnya lain, begitu saja. Sudah pintar kok," ucap dia.

Yuri mengatakan, pencegahan virus corona ini bisa dengan cara menjaga daya tahan tubuh, serta menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Karena itu, ia meminta masyarakat untuk tidak panik agar dapat berpikir jernih untuk mencegah virus corona.

"Pintarnya (mencegah virus corona) menjadi hilang karena dibumbui sama panik, begitu loh," ucap Yuri.


Tags Corona

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar