Pekanbaru

Menpan-RB Beri Penghargaan ke Wali Kota Pekanbaru di HUT Pertama MPP

Menpan RB Tjahjo Kumolo menyerahkan penghargaan kepada Wali Kota Pekanbaru Firdaus MT, Rabu (11/3/2020) Foto: Istimewa

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo menyerahkan penghargaan kepada Wali Kota Pekanbaru Firdaus dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-1 Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru, Rabu (11/3/2020).

Menurut Tjahjo, keberadaan MPP Pekanbaru selain berdampak positif terhadap investasi, juga sebagai upaya memberi pelayanan terbaik untuk masyarakat.

"Salah satu visi misi Presiden dan Wakil Presiden adalah membangun SDM dan reformasi birokrasi. Juga mempercepat proses perizinan untuk memudahkan investasi dan pengembangan ekonomi. Kita harus memberi keleluasaan dan pelayanan yang cepat kepada masyarakat," kata Tjahjo Kumolo.

Selain itu, Tjahjo menyebut reformasi birokras juga dilakukan dalam sistem kerja aparatur sipil negara (ASN) agar mampu melayani masyarakat dengan cepat.

Menpan-RB Tjahjo Kumolo dan Wakil Gubernur Riau serta Kapolda mengikuti tarian melayu di HUT MPP Pekanbaru (RMID)

"Tugas ASN adalah bagaimana mendukung dan mempercepat program Presiden dan Wakil Presiden dalam lima tahun ke depan, dan mempercepat proyek strategis program gubernur dan wali kota," terang dia.

Lebih lanjut Tjahjo mengatakan, MPP Pekanbaru hendaknya mengembangkan kapasitas untuk melayani masyarakat. Selain itu, dia berpesan agar Pemerintah Kota Pekanbaru melengkapi sarana dan prasarana penunjang MPP agar masyarakat dapat senyaman mungkin dalam megakses pelayanan perizinan.

Tjahjo mengapresiasi seluruh jajaran Pemerintah Kota Pekanbaru atas adanya MPP sehingga bisa memberikan pelayanan yang tepat dan berkualitas kepada masyarakat.

Pejabat dan tamu undangan di HUT MPP Pekanbaru yang dihadiri Menpan-RB Tjahjo Kumolo (RMID)

"MPP tidak hanya untuk penyederhanaan birokrasi, tetapi juga percepatan untuk mengambil sebuah keputusan. Diharapkan Pemerintah Kota Pekanbaru juga dapat memberikan pelayanan yang cepat untuk pelayanan rumah sakit, puskesmas, dan puskesmas pembantu. Juga pembuatan SIM dan surat berkelakuan baik hanya dalam hitungan menit," kata dia.

Pada kesempatan itu, Menpan-RB juga meresmikan Dukcapil di MPP Kota Pekanbaru. Dengan adanya layanan dari Dukcapil di MPP, pelayanan kependudukan terhadap masyarakat diharapkan lebih ditingkatkan lagi agar tercapai pelayanan publik yang ramah dan cepat.

Pada kesempatan yang sama Wali Kota Pekanbaru Firdaus mengatakan, MPP merupakan pelayanan perizinan dan non-perizinan terbaik di Indonesia.

"Pada awal berdirinya, Mal Pelayanan Publik Pekanbaru melayani 300 pelayanan per hari, kini menjadi 1.500 pelayanan per hari. Ditargetkan untuk setahun ke depan dapat melayani 2.500 pelayanan per hari,” kata Firdaus.

Menpan-RB Tjahjo Kumolo didampingi Wali Kota Pekanbaru Firdaus MT dan jajaran, serta Wakil Gubernur Riau dan Kapolda di acara potong tumpeng HUT MPP Pekanbaru (RMID)

Dalam peringatan HUT pertama MPP Kota Pekanbaru, Menpan-RB Tjahjo Kumolo memberikan penghargaan kepada Wali Kota Firdaus atas suksesnya tata laksana MPP.

Selain itu, Tjahjo juga memberikan penghargaan kepada tenant terbaik dari 32 tenant di MPP Pekanbaru. Tenant terbaik pertama diraih oleh Kantor Pertanahan Kota Pekanbaru, terbaik kedua oleh Kantor Imigrasi Kota Pekanbaru, dan terbaik ketiga diraih oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu Kota Pekanbaru.

Turur hadir dalam acara itu yakni Dirjen Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif F, anggota DPD RI Edwin Pratama Putra, Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, Kapolda Riau Agung Setya Imam Effendi, Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi, Kepala OJK Riau, perwakilan dari Bank Indonesia (BI) dan perwakilan forkopimda.(adv)



[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar