Peristiwa

Banjir Bandang Hantam Kabupaten Agam, Puluhan Rumah Rusak-Jembatan Roboh

Banjir bandang dipicu hujan deras (dok. BNPB)

RIAUMANDIRI.ID, PADANG - Banjir bandang menerjang sejumlah wilayah di Sumatera Barat (Sumbar). Akibatnya, puluhan rumah rusak hingga ada jembatan yang roboh.

Banjir bandang terjadi di Nagari Batu Kambing dan Nagari Sitalang, Agam, Sumbar, pukul 17.15 WIB, Kamis (12/3/2020). Peristiwa itu dipicu hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut.

"Kejadian ini menyisakan lumpur dengan ketebalan berbeda," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB, Agus Wibowo.

Dia mengatakan, ada 30 rumah, 2 sekolah, serta 1 musala yang rusak di Nagari Batu Kambing. Kerusakan juga terjadi di Nagari Sitalang, antara lain 4 rumah rusak berat, 1 pasar terdamlak hingga 1 jembatan roboh.

"Sementara itu, banjir juga mengakibatkan 5 KK mengungsi di rumah saudara atau tetangga. BPBD Kabupaten Agam masih melakukan pendataan korban," ucapnya.

Saat ini, tim BPBD Agam juga masih berupaya melakukan pembersihan sisa lumpur di lokasi terdampak. BPBD mengalami kendala karena listrik di lokasi padam dan akses jalan tertutup lumpur. Belum ada informasi soal korban jiwa akibat peristiwa ini.

"Tantangan penanganan darurat di lapangan yaitu padamnya listrik dan akses jalan ke lokasi tertutup lumpur dan jauh," tutur Agus.


Tags Peristiwa

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar