Nasional

Kelakar Budi Karya Sebelum Positif Corona: Indonesia Kebal COVID-19 Karena Makan Nasi Kucing

Presiden Jokowi dan Menhub Budi Karya Sumadi (Istimewa)

RIAUMANDIRI.ID, JAKARTA – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dinytakan positif terinfeksi virus corona jenis baru Covid-19. Kabar ini disampaikan oleh Wakil Kepala RSPAD Gatot Subroto, dr. Budi dan juga Mensesneg Pratikno dalam jumpa pers, Sabtu (14/3).

Menhub saat ini sedang dirawat di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

“Atas izin keluarga yang disampaikan oleh Pak Kepala RSPAD adalah Pak Budi karya Sumadi,” kata Pratikno di Istana Kepresidenan, Sabtu (14/3/2020).

"Saat ini pasien 76 sedang dirawat di RS Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto," ujar dr. Budi. Budi Karya Sumadi merupakan pasien dengan kasus nomor 76. 

Kurang dari sebulan sebelum terjangkit virus Corona, Budi Karya mengklaim masyarakat Indonesia kebal terhadap virus asal Wuhan China tersebut. Dia berkelakar, masyarakat kebal virus corona karena gemar makan nasi kucing.

“Tapi (ini) guyonan sama Pak Presiden ya, insyaAllah ya, COVID-19 tidak masuk ke Indonesia karena setiap hari kita makan nasi kucing, jadi kebal,” kata Budi Karya saat menyampaikan pidato ilmiah dalam acara peringatan Hari Pendidikan Tinggi Teknik (HPTT) ke-74 di Grha Sabha Pramana, UGM, Yogyakarta, Senin 17 Februari lalu.

Nasi kucing adalah adalah jajanan kuliner yang berasal dari Yogyakarta, Semarang, dan Surakarta. Porsi nasi ini biasanya sedikit, dengan lauk sambal, ikan, dan tempe, lalu dibungkus daun pisang.

Memang pada bulan Februari kemarin, Indonesia belum terjangkit virus corona. Indonesia sendiri baru mengumumkan dua orang terjangkit virus corona pada 2 Maret. Hingga kemarin, Sabtu (14/3), di tanah air telah terinfeksi sebanyak 97 orang termasuk Menhub Budi Karya dan 5 orang lainnya dinyatakan meninggal dunia.

Menhub dalam dua minggu terakhir jarang terlihat di lingkungan tempat Ia bekerja atau menghadiri agenda-agenda penting di mana Ia seharusnya menjadi narasumber bersama menteri lain.

Agenda terakhir yang diwakilkan yakni pada Rapat Koordinasi Teknis Perhubungan Darat, Senin (2/3/2020) dan menjadi pembicara pada Infrastruktur Outlook 2020, pada Senin (9/2/2020) di Kementerian Keuangan.

Mobilitas Menhub memang dikenal sangat tinggi. Ia bisa melakukan kunjungan ke beberapa daerah dalam sehari menggunakan helikopter atau pesawat khusus. Ia juga kerap kali bekerja tujuh hari seminggu tanpa libur untuk mengecek infrastruktur transportasi meskipun Ia memiliki riwayat sakit asma sejak lama.

Menhub Budi Karya jatuh sakit gejala tifus setelah beberapa waktu lalu melakukan rangkaian kunjungan kerja ke luar kota selama beberapa hari ke Toraja, Luwuk, Wakatobi, Makassar, Pare Pare, Kertajati dan Indramayu.


Tags ISTANA

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar