Laga Perdana Liga 2 

PSPS Riau Bungkam Semen Padang 3-0, Raja Isa: Awal yang Baik 

PSPS Riau sukses meraih poin penuh pada laga perdana Liga 2 Indonesia 2020 setelah membungkam Semen Padang 3-0, di Stadion Kaharuddin Nasution, Rumbai, Ahad (15/3/2020) sore. (Foto: Nurmadi/RMId)

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU - PSPS Riau sukses meraih poin penuh pada laga perdana Liga 2 Indonesia 2020, setelah membungkam tim kuat Semen Padang, dengan skor telak 3-0, di Stadion Kaharuddin Nasution, Rumbai, Ahad (15/3/2020) sore. 

Tiga gol Askar Bertuah ke gawang Kabau Sirah diciptakan oleh Fani Aulia dua gol (25, 54), dan Yudi Aditya (40).

Pelatih PSPS Riau, Raja Isa, mengatakan, kemenangan yang diraih oleh anak-anaknya ini tidak terlepas dari kerja keras semua pihak, mulai dari pemain, manajemen dan dukungan penuh suporter yang memadati Stadion Rumbai. Dengan persiapan yang sangat minim, tidak membuat Danil cs patah arang.

“Alhamdulillah hari ini kami meraih kemenangan. Walaupun persiapan kami telat, dan boleh dikatakan tim ke tujuh yang persiapannya telat. Tapi dengan dukungan dari pak Anto Rachman, I Gede, semua masalah yang ada di tubuh tim PSPS Riau terselesaikan,” ujar Raja Isa.

“Dengan masalah yang sangat berat, tim kita baru bisa mendaftar dan bisa bermain, kemarin (Sabtu, red). Sehingga kita gagal mendatangkan striker tembok. Tapi kita bisa memainkan pemain dari Aceh, dan mengubah strategi permainan,” tambah Raja Isa.

Pelatih asal Negeri Jiran ini menyampaikan, menghadapi tim sekelas Semen Padang yang bertabur pemain bintang, tidak ada yang istimewa. Apalagi perjalanan Semen Padang ke Riau, membutuhkan waktu yang cukup panjang. Dengan kondisi tersebut seluruh pemainnya, berhasil memanfaatkan kelengahan anak asuh Eduardo Felipe.

“Pemain Semen Padang mungkin capek, kami mempelajari perjalanan mereka. Hari itu mereka tukar line up, dan mereka tidak bisa mermain cantik, walupun pemain bertabur bintang dan pemain cantik. Kesempatan itu bisa kita manfaatkan, saya ucapkan terimakasih kepada Curva Nord, Askar Theking, mereka menjadi pemain ke-12. Dan ini awal yang baik, dan awal yang baik akan melahirkan akhir yang baik,” kata Raja Isa.

Terpisah, pemain anyar PSPS Riau, Fani Aulia, yang berhasil membawa kemenangan bagi Askar Bertuah, dengan dua golnya ke gawang Semen Padang, bersyukur atas kemenangan ini. Dan gol yang diciptakannya di awal perdana Liga 2 ini, ia persembahkan bagi istrinya yang sedang hamil. Dan gol keduanya bagi suporter PSPS Riau, yang tak hentinya memberikan dukungan.

“Saya bersyukur bisa memperkuat PSPS Riau, tim ini punya sejarah dari dulu. Gol pertama saya persembahkan buat istri saya yang lagi hamil. Dan gol kedua untuk suporter yang mendukung kami. Dan bagi kawan-kawan jangan jumawa dulu, fokus ke pertandingan selanjutnya,” kata Fani. 

Tak Bermain Baik

Sementara itu, pelatih Semen Padang, Eduardo Felipe, usai pertandingan mengatakan, anak-anaknya tidak bermain baik dan jauh dari performanya. Dan ia mengapresiasi permainan PSPS Riau yang tampil maksimal, sehingga bisa mengalahkan Semen Padang dengan skor yang cukup telak.

“Selamat buat PSPS Riau, mereka bermain cukup taktis, variatif, kualitas bermainnya juga bagus mereka memiliki semuanya. Kami tidak bermain dengan baik, bermain tidak bisa dengan satu dua pemain saja,” kata Eduardo. 

“Untuk tim kami, mungkin daya juang kurang, kami bermain di bawah performa, minta maaf kepada masyarakat Sumbar, dan bisa lebih baik ke depan,” tambah pemain Semen Padang, Yohanes Tjoe.

Jalannya Pertandingan

Selama pertandingan babak pertama dan kedua, kedua tim tampil ngotot untuk menciptakan gol. Namun PSPS Riau, lebih dominan pada pertandingan babak pertama, serangan-demi serangan terus digencarkan Danil cs. 

Terus mendapatkan serangan di babak pertama, permainan anak-anak Kabau Sirah mulai kendor, bahkan menjurus keras. Akibat permainan keras, PSPS Riau mendapatkan tendangan bebas. Fani Aulia yang diberi kepercayaan berhasil menjebol gawang Semen Padang melalui tendangan bebas, dan mengubah skor 1-0. 

PSPS Riau kembali memperbesar kemenangan pada menit ke-41. Gelandang tengah, Mukhlis, memanfaatkan umpan akurat dari Zulfikar, langsung mengarahkan bola ke gawang Semen Padang yang dikawal Ahmad Iqbal, sehingga menambah keunggulan PSPS menjadi 2-0 di babak pertama.

Memasuki babak kedua yang baru berjalan 10 menit, Fani Aulia, kembali mencatatkan namanya di papan skor untuk kedua kalinya, setelah berhasil menciotakan gol ketiga bagi Askar Bertuah, pada menit ke-54. 

Fani berhasil menjebol gawang Semen Padang yang dijaga oleh Ahmad Igbal, melalui umpan lambung Daniel. Tanpa kawalan, Fani dengan kecepatan solo run-nya di sebelah kiri jantung pertahanan Semen Padang, dengan tenang berhasil membobol gawang Semen Padang.

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya babak kedua, skor akhir tak berubah, tetap 3-0 bagi kemenangan PSPS Riau. 

Dengan kemenangan ini Askar Bertuah meraih 3 poin di awal Liga 2 Indonesia 2020. Selanjutnya PSPS Riau kembali akan melakoni laga kandang menghadapi tim satu kota, Tiga Naga, untuk dua pekan ke depan.

Seharusnya laga derbi PSPS Riau melawan Tiga Naga akan berlangsung, Kamis (19/3) mendatang, namun karena mengantisipasi wabah virus corona, jadwal liga diundur hingga dua pekan ke depan. 


Reporter: Nurmadi


Tags BOLA

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar