Riau

9 Pasien Corona di Riau Dinyatakan Negatif

Kepala Dinas Kesehtan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir (Istimewa)

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau telah menerima hasil uji sampel 9 pasien yang diduga terjangkit virus corona dari 11 pasien yang dirawat di sejumlah rumah sakit rujukan di Riau. Hasilnya, 9 pasien dinyatakan negatif sedangkan 2 lainnya masih menunggu hasil uji sampel.

"Sembilan pasien dinyatakan negatif [corona]. Sementara dua pasien suspect lagi tinggal menunggu hasil uji sampel yang sudah dikirim," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir kepada wartawan, Senin (16/3/2020) di Pekanbaru.

Mimi juga mengungkapkan, hari ini pihaknya menerima laporan bahwa rumah sakit rujukan kembali menerima beberapa pasien suspect corona.

Untuk mengantisipasi kekurangan fasilitas pelayanan terhadap pasien suspect corona, Gubernur Riau memutuskan untuk menambah rumah sakit rujukan beserta ruang isolasi baru di sejumlah daerah.

"Gubernur sudah mengeluarkan SK untuk rumah sakit rujukan, selain tiga rumah sakit yang telah disiapkan sebelumnya. Jadi, tidak semua pasien mesti dirujuk ke RSUD Arifin Achamd sebab ruangan isolasi di sana juga terbatas," imbuh Mimi.

Untuk itu, Mimi mengimbau kepala dinas kesehatan kabupaten dan kota agar segera menyiapkan rumah sakit rujukan pasien suspect corona yang telah ditetapkan oleh Pemprov Riau.

Sebelumnya, Mimi mengatakan, pemerintah telah memiliki rumah sakit dengan ruang perawatan yang sesuai standar internasional. Rumah sakit rujukan tersebut yaitu RSUD Arifin Achmad di Pekanbaru, RSUD Puri Husada di Tembilahan, dan RSUD Dumai.


Reporter: Rico Mardianto


Tags Corona

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar