Wisata

Tips Backpacking dan Liburan Hemat ke Bali

Pulau Bali Foto: TKJB

RIAUMANDIRI.ID, JAKARTABali selalu saja menjadi tujuan wisata yang menyenangkan dan menjadi favorit bagi banyak orang. Banyak destinasi wisata yang ada di pulau Bali ini dengan tingkat keunikannya dan pesonanya sendiri-sendiri, yang bahkan tak akan habis dijelajahi dalam waktu sehari saja atau untuk satu kali kunjungan, jadi tak akan cukup sekali ke Bali.

Namun demikian, meski terkenal dan populer wisata ke Bali tak selalu mahal, akan selalu ada tips dan trik untuk bisa berhemat. Berikut ini tips backpacking dan liburan hemat ke Bali:

Pilih Transportasi ke dan dari Bali yang Hemat

Tanpa mengabaikan faktor keamanan keselamatan perjalanan juga unsur kenyamanan maka pilihlah transportasi yang hemat dan murah. Tipsnya ialah selain memilih tiket pesawat ekonomis kelas low cost juga manfaatkan promo dan diskon yang sering ada dan ditawarkan terutama pada saat low season, dan hindari melaksanakan liburan pada saat peak season, yang harga tiketnya pastinya dalam kondisi titik harga termahalnya.

Tiket pesawat terbang kelas ekonomis low cost juga tak mengurangi unsur kenyamanan dan keselamatannya juga karena sudah dalam kondisi yang standar dengan pengawasan yang ketat oleh pemerintah. Jadi tak perlu khawatir. Bisa memilih maskapai Lion Air misalnya, dan jangan lupa untuk melakukan check in di awal waktu agar tak ketinggalan jadwal pesawat dan jadi hangus sia-sia tiketnya. Bisa mengunjungi Web checkin Lion air.

Anggaran untuk biaya akomodasi dan transportasi kerap kali menjadi porsi anggaran yang paling besar untuk anggaran liburan. Jadi harus dipikirkan matang-matang dan dilakukan penghematan dalam hal ini. Lakukan pembelian tiket jangan mendadak di dekat hari H nya tapi lakukan perencanaan liburan dengan matang sejak jauh-jauh hari sehingga akan bisa mendapatkan harga tiket pesawat yang murah dan juga sekalian beli tiket pesawatnya secara PP atau tiket pulang pergi guna lebih hemat dan lebih pasti perkiraan besarnya biaya yang harus dikeluarkan.

Transportasi Umum selama di Bali

Transportasi selama di Bali juga perlu dipikirkan, karena akan menelan biaya yang cukup besar juga jika tidak direncanakan dengan matang. Biasanya backpacker akan mengandalkan transportasi ojek baik yang online maupun ojek pangkalan terdekat. Namun perlu diketahui juga bahwa Bali pun memiliki sarana angkutan umum, yang bahkan bisa lebih murah dari ongkos ojek online, beberapa diantaranya ialah ada bus Trans Sarbagita atau juga Kura-kura bus.

Bus Trans Sarbagita ialah bus yang disediakan dan adalah milik dari pemerintah daerah provinsi Bali yang melayani beberapa rute utama yang cukup penting termasuk di antaranya ialah rute wisata populer tertentu di Bali. Jadi tak ada salahnya jika dimanfaatkan. Selain itu ada juga Kura-Kura bus di Bali yang merupakan bus mini khusus untuk rute wisata tertentu dengan titik shuttle point yang cukup banyak. Bus tersebut bahkan menjangkau hampir keseluruhan destinasi wisata penting dan utama yang sudah cukup populer di Bali, yakni mulai dari Nusa Dua hingga sampai Ubud dan lain sebagainya.

Meski jika ingin lebih fleksibel maka sewa motor ataupun sewa mobil termasuk juga menggunakan ojek motor atau ojek mobil secara online untuk bepergian secara berombongan dalam jumlah yang cukup besar juga bisa dipertimbangkan untuk dipilih untuk rute tertentu.

Pilih akomodasi yang Murah Meriah

Pertimbangan selanjutnya adalah pada akomodasinya, yang sering juga akan menelan porsi anggaran yang tak kalah besarnya dengan anggaran untuk keperluan transportasinya selama liburan. Seandainya waktu liburan di Bali akan dalam waktu yang cukup lama, yakni misalkan lebih dari satu pekan misalnya maka ada baiknya untuk mencari tempat kos-kosan saja yang biaya tagihannya bisa dibayar per minggu. Dengan begitu maka akan bisa lebih menghemat biaya dan tidak perlu untuk repot dan pusing lagi harus membawa-bawa tas koper atau tas ransel yang cukup berat di setiap harinya.

Pilih lokasi kos yang lokasinya di sekitar tempat destinasi wisata yang akan dituju untuk dikunjungi selama masa liburan sehingga hal ini akan bisa menghemat biaya transportasinya juga selama berada di Bali. Semakin dekat semakin bagus bahkan kalau perlu cukup dengan berjalan kaki sudah bisa sampai ke tempat destinasi wisatanya.

Sedangkan jika waktu liburannya tidak banyak maka bisa dipilih tempat menginap lainnya yang juga cukup murah namun lebih cocok bagi backpacker, yakni mulai dari hostel, atau bunk bed dormitory, atau guest house murah hingga sampai ke suatu capsule hotel. Kalau mau banyak mengunjungi tempat wisata di daerah Kuta, maka bisa dipilih akomodasi di sekitar daerah Legian dan lain sebagainya.

Kuliner yang Murah, Mengenyangkan dan Bersih serta Sehat juga Enak

Inilah keinginan tiap backpacker yakni sajian makanan yang Murah, Mengenyangkan dan Bersih juga Sehat serta Enak juga. Murah harganya penting supaya bisa berhemat. Mengenyangkan juga penting, porsi makanannya harus cukup karena liburan pun memerlukan energi yang cukup. Bersih juga penting jangan sampai jatuh sakit karena makanan yang kurang bersih. Juga sehat memenuhi nutrisi kandungan gizinya, dan enak rasanya agar lebih bernafsu makan pada saat menyantapnya.

Dalam hal ini warung makan bisa menjadi pilihannya.Terdapat beberapa warung makan di Bali itu yang sudah cukup terkenal di kalangan para backpacker, yakni seperti Warung Indonesia di Jl. Poppies 2, Kuta, misalnya, dan lain sebagainya.

Liburan ala backpacker selain bisa berhemat juga akan bisa mendapatkan pengalaman unik yang tak akan terlupakan seumur hidup.


Tags Wisata

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar