Riau

DPRD Rohul Minta Kegiatan Tunda Bayar 2019 Dilunasi Sekaligus

Pimpinan DPRD Kabupaten Rokan Hulu, Nono Patria Pratama SE (RMID/Agus)

RIAUMANDIRI.ID, ROKAN HULU - Menindaklanjuti keluhan rekanan terhadap kegiatan 2019 yang belum dibayarkannya oleh Pemkab Rohul, Pimpinan DPRD Kabupaten Rokan Hulu, Nono Patria Pratama, SE, mendesak Pemkab Rohul agar kegiatan tunda bayar tahun anggaran 2019 dapat dibayarkan seluruhnya pada kegiatan APBD Murni tahun anggaran 2020.

Hal itu disampaikan Nono Patria Pratama, menyikapi, terkait rencana Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu, yang berencana membayarkan kegiatan tunda bayar tahun anggaran 2019 dengan sistem bertahap. Di mana, dari kisaran Rp55 miliar nilai tunda bayar yang ada, yang dibayarkan Pemerintah pada tahap pertama berkisar Rp24 miliar.

Menurut Nono Patria Pratama, SE, panggilan akrab Nono, jika kegiatan tunda bayar tahun anggaran 2019 tidak dibayarkan sekaligus, ia khawatir akan memantik kecemburuan sosial bagi sesama kontraktor, karena terkesan pilih kasih. 

“Belum lama ini Banggar DPRD menggelar pertemuan dengar pendapat bersama TAPD. Dari pertemuan tersebut terungkap bahwa kegiatan tunda bayar 2019 berada di kasaran Rp55 miliar. Nah, dari jumlah tersebut Pemkab berencana membayarkan sekitar Rp24 miliar dan sisanya setalah APBD Perubahan 2020

“Jika hal ini terjadi tentu kita khawatir akan memantik kecemburuan sosial diantara kontraktor, karena terkesan pilih kasih. Dan hal ini kurang elok, sebab, sebagian dibayar dan sebagian lainnya tidak dibayar. Sementara kegiatan tunda bayar 2019 merupakan belanja wajib,” tegas Nono, kepada riaumandiri.id, Rabu (18/3/2020).

Diakui Nono, dampak lain yang terjadi jika tunda bayar 2019 tidak dibayarkan sekaligus pada kegiatan APBD 2020 ia khawatir akan menambah defisit APBD pada akhir tahun 2020 nanti. Sebab, kegiatan lelang atau PL pada APBD 2020 akan menjadi tanggung jawab APBD, sementara utang tunda bayar pada kegiatan APBD 2019 masih banyak. 

“Nah, untuk menghindari defisit ini, sebaiknya Pemkab Rohul membayarkan dulu tunda bayar 2019 sekaligus. Setelah itu baru kegiatan APBD 2020 dapat dilaksanakan sesuai dengan ketersediaan anggaran yang ada,” jelas Nono. 


Reporter: Agustian


Tags Rohul

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar