Riau

Meski Sibuk Sosialisasi Pencegahan Corona, Dinkes Kampar Cek Kesehatan Jemaah Calon Haji

Kadiskes Kampar Dedy Sambudi mengunjungi Puskesmas Kuok untuk memantau pemeriksaan JCH Kampar.

RIAUMANDIRI.ID, BANGKINANG - Meski tengah disibukkan dengan sosialisasi pencegahan virus corona atau Covid 19, Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar tetap mengadakan pengecekan kesehatan jamaah calon haji (JCH). Pengecekan memakai sistem shift untuk mengantisipasi kerumunan massa JCH di satu titik.

Hampir 1000 JCH melakukan pengecekan kesehatan di tiga Puskesmas yaitu Puskesmas Tapung, Kuok, Kampar Timur dengan shift, pagi siang, dan sore, sejak Selasa (17/3/2020).

Ditemui di hari kedua pemeriksaan JCH di Puskesmas Kuok, Kadiskes Kampar Dedy Sambudi memaparkan bahwa pemeriksaan kesehatan dilaksanakan dalam 3 hari dengan membagi wilayah Kabupaten Kampar dalam tiga region. Ini bertujuan menghindari kerumunan massa guna mencegah penyebaran virus corona. 

Ia juga menyebut pemeriksaan CJH merupakan kegiatan rutin setiap tahun.

"Jangan sampai kita fokus di corona saja, sehingga pekerjaan wajib setiap tahun tidak terlaksana, ini nantinya berdampak pada status jamaah haji kita. Sebab, kita akan laporkan akhir Maret, jangan nanti jemaah haji kita tidak diberangkatkan karena pemeriksaan kesehatan tahap II ini tidak kita laksanakan," bebernya, Rabu (18/3/2020) siang.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kuok menyebutkan bahwa Puskesmas Kuok melakukan pemeriksaan JCH yang berasal dari wilayah Kecamatan Salo, Bangkinang Kota, Bangkinang, Kecamatan Kuok, XIII Koto Kampar, dan Koto Kampar Hulu.

"Untuk pengecekan setiap shift kita batasi hanya 30 CJH yang akan diperiksa secara bergantian," kata dr Santi Samini.


Reporter: Ari Amrizal
 


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar