Riau

Teleconference dengan Gubri, Pemkab Siak Sampaikan Sejumlah Hal Terkait Pecegahan Corona

Teleconference Pemkab Siak dengan Gubernur Riau Syamsuar terkait upaya pencegahan corona di Siak.

RIAUMANDIRI.ID, SIAK - Terkait dengan penanggulangan Penyebaran Virus Corona di Provinsi Riau, Gubernur Riau Syamsuar, Wagub Riau Edi Natar Nasution, melakukan video confrence bersama dengan bupati/wali kota lainnya.

Dalam kesempatan video conference ini, Pemerintah Kabupaten Siak yang diwakili oleh Pelaksana Jabatan (Pj) Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Jamaluddin, menyampaikan beberapa hal yang telah dilaksanakan oleh Pemda Siak dalam penanggulangan penyebaran virus corona (Covid-19).

Jamaluddin menjelaskan, pihaknya telah membentuk Satgas Penanggulangan Covid-19, yang anggotanya terdiri dari Forkopimda, OPD, dan organisasi masyarakat terkait.

"Selain itu, kami juga telah mengintruksikan seluruh camat dan kepala OPD, agar menyosialisasikan bahaya dan cara pencegahan Covid-19 serta menyediakan hand sanitizer, karena penyebaran Covid-19 lebih mudah dengan sentuhan, termasuk sentuhan tangan," kata Jamaluddin di ruang Ruang Bandar Siak, Rabu (18/3/2020). 

Kemudian, Pemkab Siak juga telah menyiapkan dua ruang khusus di Rumah Sakit Tengku Rafi'an, bagi masyarakat yang mengalami gejala Covid-19, beserta petugas khususnya.

"Dengan adanya intruksi dari Presiden dan Gubernur Riau untuk tidak melakukan kegiatan yang menimbulkan keramaian, kami juga telah menunda beberapa kegiatan pemda, tempat wisata yang ada di Siak serta sekolah dari tingkat TK hingga ke SLTA sederajat," jelasnya.

Dia mengimbau seluruh masyarakat Siak untuk membiasakan diri menerapkan pola hidup sehat, seperti makan yang bergizi, berolahraga, dan tidak merokok.

"Jika tidak ada kepentingan, usahakan tidak keluar rumah dan jika keluar pakailah masker, baik saat kondisi badan sehat maupun sedang sakit. Dan yang terpenting mari sama-sama kita berdoa kepada Allah swt, agar penyakit ini segera dihilangkan," kata Pj Sekda Siak itu.

Terkait dengan pesan Gubernur Riau agar meningkatkan keamanan di Pelabuhan Buton, Pemkab Siak sudah melakukan pemeriksaan terhadap seluruh penumpang yang masuk ke Siak.

"Pengawasan dan pemeriksaan terhadap seluruh penumpang yang datang ke Siak, telah Pemda laksanakan mulai Januari 2020 lalu setelah mendengar adanya wabah Covid-19 di Wuhan Cina. Kami juga telah menyediakan ambulans dan petugas di sana," tutup Jamaluddin.

Pada video conference ini, juga dihadiri oleh Kapolres Siak AKBP Doddy Ferdinand Sanjaya, Kadis Kesehatan Toni Candra, Kadis Kominfo Arfan Usman serta kepala OPD terkait lainnya.


Reporter: Darlis Sinatra


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar