Nasional

Guru Besar UGM Dinyatakan Positif Corona

Foto: Ilustrasi

RIAUMANDIRI.ID, YOGYAKARTA - Seorang guru besarnya Universitas Gadjah Mada bernama Iwan Dwiprahasto dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

Hal itu disampaikan Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Alumni Universitas Gadjah Mada (UGM), Paripurna Poerwoko Suganda.

Dia mengatakan, atas persetujuan keluarga dan mewakili UGM, dia menyampaikan Prof Iwan saat ini sedang berada dalam perawatan di RSUP Dr Sardjito karena terkena virus corona.

"Dengan ini atas persetujuan keluarga, UGM mengonfirmasikan, atas nama rektor, bahwa beliau saat ini sedang dalam perawatan di rumah sakit karena Covid-19 (corona)," ujar Paripurna di RSUP Dr Sardjito, seperti dikutip dari Vivanews.com, Rabu (18/3/2020).

Paripurna menegaskan UGM memberikan dukungan sepenuhnya bagi perawatan Prof Iwan dan keluarganya. Paripurna memastikan UGM selalu berkomunikasi dengan keluarga secara intensif.

Paripurna mengungkapkan Prof Iwan dirujuk ke RSUP Dr Sardjito sejak Minggu, 15 Maret 2020, yang lalu. Prof Iwan dirawat di ruang isolasi RSUP Dr Sardjito. Pihak rumah sakit mengirimkan sampel swap Prof Iwan pada Senin 16 Maret 2020 ke Litbangkes Kemenkes RI.

Hasil lab ini kemudian diumumkan oleh Dinkes Daerah Istimewa Yogyaarta dengan hasil positif virus corona. Pengumuman ini dilakukan pada Rabu (18/3/2020).

Paripurna mengungkapkan saat ini keluarga mengharapkan pengertian dari seluruh kolega dan para awak media agar dapat ikut menjaga privasi pasien untuk mempercepat proses kesembuhan beliau.

“Kami juga berpesan agar kolega dan kerabat yang dalam waktu tiga minggu yang lalu bertemu dan melakukan kontak dekat dengan beliau agar dapat melakukan skrining di fasilitas kesehatan terdekat yang memberikan layanan diagnosis dan perawatan Covid-19,” tegas Paripurna.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY, Pembajun Setyaningastutie, pada Rabu, 18 Maret 2020, siang, mengatakan pasien positif virus corona di DIY bertambah satu orang. Sehingga total ada dua pasien positif virus corona di DIY.

Pembajun menyebut pasien positif virus corona kedua di DIY ini adalah seorang pria berumur 58. Saat ini, pasien itu dirawat di RSUP Dr Sardjito.


Tags Corona

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar