Ekonomi

Sri Mulyani Sudah Siapkan Langkah Menghadapi Lockdown

Menteri Keuangan Sri Mulyani

RIAUMANDIRI.ID, JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani sudah menyiapkan sejumlah langkah menghadapi kemungkinan lockdown atau isolasi penuh untuk mengatasi penyebaran virus corona. Mulai dari langkah ekonomi disusun hingga menampung seluruh warga di satu tempat.

"Pasti akan disiapkan jika suatu daerah dilakukan isolasi, pasti sudah dipikirkan juga bagaimana supporting-nya. Bahkan jika di desa atau tempat yang pemukimannya cukup padat, sehingga social distancing sulit dilakukan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sudah mencari rumah yang bisa digunakan bersama-sama untuk menjadi tempat menampung," ujar Sri Mulyani di Jakarta, Rabu (18/3/2020).

Dia mengatakan, segala kemungkinan terkait skema isolasi bisa terjadi. Karenanya, Menkeu dan pemerintah masih terus mengkaji hal tersebut.

Dia juga memastikan agar jika lockdown benar terjadi, maka pasokan makanan atau kebutuhan masyarakat tidak terganggu. Hal ini dilakukan agar masyarakat tidak mengalami kepanikan dengan adanya virus corona (Covid-19)

"Seluruh posibilitas akan terus dilihat dalam situasi ini, kita terus mendukung agar mereka jangan sampai merasa kekurangan recources. Ini bukan masalah uang, tapi apakah ada orangnya nggak yang mau melakukan isolated seperti China," jelasnya.

Selain skenario lockdown, Sri Mulyani juga mengaku telah menyiapkan anggarannya. "Mengenai kesiapan, pasti disiapkan untuk memutuskan suatu daerah apakah dilakukan isolasi," tutur dia.

Meski begitu, Menkeu menambahkan kebijakan lockdown kemungkinannya kecil untuk dilakukan. Pasalnya Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah membentuk gugusan tugas. "Sekarang kan sudah ada satuan gugus tugas, jadi saya akan terus berkoordinasi dengan BNPB dan Kemenkes serta lainnya untuk melihat penanganan Corona akan seperti apa," paparnya.


 


Tags Corona

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar