Riau

Antisipasi Corona, Gubernur Riau Minta Jamaah Tablig Baru Pulang dari Malaysia Cek Kesehatan

Gubernur Riau Syamsuar

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU - Satu pasien asal Pekanbaru yang dirawat di RSUD Arifin Achmad, berinisial M (63) telah dinyatakan positif corona (Covid-19), setelah keluarnya hasil swap Labkes Kementerian Kesehatan, Rabu (18/3/2020).

Dari informasi riwayat perjalanan, pasien tersebut baru pulang dari Malaysia, setelah menghadiri acara tablig akbar di Malaysia. Dan setelah pulang dari Malaysia, warga Pekanbaru tersebut mengalami sakit, dan langsung masuk dalam perawatan observasi RSUD sejak tanggal 13 Maret lalu.

Gubernur Riau, Syamsuar, juga telah mengingatkan kepada seluruh kabupaten/kota untuk memeriksa para jamaah yang mengikuti tablig akbar di Malaysia. Karena tidak hanya di Indonesia saja ada jamaah yang terkena dampak Covid-19 tali juga jamaah lainnya dari negara lain.

BACA JUGA : Update Virus Corona: Apakah Sudah Ada Obatnya?

“Tolong dicek bagi jamaah tablig yang baru kembali dari menghadiri tablig akbar di Malaysia. Di Siak itu banyak jamaah tablig yang menghadiri acara jamaah tablig yang baru dari kembali di Malaysia bisa dicek. Saya tahu, banyak jamaah tablig yang hadir di Malaysia. Dan sekarang sudah kembali ke kabupaten/kota,” kata Syamsuar, saat video conference dengan Bupati dan Walikota se-Provinsi Riau, Rabu kemarin. 

Gubri menjelaskan, dengan adanya pasien suspect Covid-19 yang baru pulang dari Malaysia, termasuk jamaah tablig yang menghadiri tablig akbar tersebut, perlu dilakukan pengecekan terhadap jamaah yang pulang ke daerah masing-masing. Jika perlu didatangi jamaah yang hadir tersebut untuk dilakukan pemeriksaan.

“Jamaah tablig yang baru dari kembali di Malaysia bisa dicek melalui dinas kesehatan. Dan juga jamaah lain yang proaktif, harus dicek dan bisa datang sendiri. Banyak jamaah tablig yang mengikuti tablig di Malaysia, mohon bantuan Pemda jamaah tablig dikunjungi untuk menjaga kesehatan,” imbau Gubri.

Diberitakan sebelumnya, satu pasien asal Riau yang sudah diobservasi selama lima hari di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pekanbaru, Riau, dinyatakan positif corona (Covid-19), setelah keluarnya hasil swap dari labkes Kementrian Kesehatan, Rabu (18/3). 

"Menindaklanjuti informasi yang kita dapat dari juru bicara Covid-19, ada 227 kasus Corona di seluruh Indonesia, dan ada konfirmasi positif satu pasien sebarannya di Riau, dengan laki-laki 63 tahun. Pasien positif Corona ini masuk di RSUD Arifin Achmad pada 13 Maret lalu, dan dirawat di ruang isolasi rumah sakit setempat,” ujar Kadiskes Riau, Mimi Yuliani Nazir, Rabu (18/3), di kantor Diskes Riau.

Sementara itu, juru bicara Tim Medis Covid-19 Provinsi Riau, dr Indra Yopi, menjelaskan, kondisi pasien positif covid-19, yang masih dirawat di ruang isolasi RSUD Arifin Achmad Riau masih stabil. Bahkan kondisi panas tubuhnya sudah turun dan mau makan seperti biasa.


Reporter: Nurmadi


Tags Corona

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar