Riau

DPRD Bengkalis Minta Pemkab Perhatikan Fasilitas Kesehatan di Pelabuhan BSSR

Pelabuhan internasional Bandar Sri Setia Raja (BSSR) Selat Baru, Bengkalis.

RIAUMANDIRI.ID, BENGKALIS - Anggota DPRD Kabupaten Bengkalis, Surya Budiman dan H Mawardi mengingatkan Pemerintah Kabupaten Bengkalis terus meningkatkan kewaspadaan terhadap wabah virus corona di Bengkalis. 

Menurut politisi PKB dan PBB ini, kewaspadaan itu harus ditingkatkan terutama di pelabuhan internasional Bandar Sri Setia Raja (BSSR) Selat Baru. Pasalnya, berdasarkan informasi yang diperoleh keduanya, penyebaran virus corona rentan dibawa ke dalam negeri oleh seseorang terjangkit saat berada di luar wilayah negeri. 

"Kita berharap Pemerintah Kabupaten Bengkalis meningkatkan lagi kewaspadaan dalam menghadapi penyebaran virus corona di wilayah Kabupaten Bengkalis. Baik peningkatan seperti peralatan cek suhu tubuh yang memadai di pelabuhan-pelabuhan terutama pelabuhan internasional Selat Baru. Berdasarkan data yang kami terima virus ini bersifat imported case yakni berasal dari luar. Bisa jadi karena sedang bekerja atau berpergian ke negeri jiran," ujarnya Surya Budiman, Jumat (20/3/2020). 

Pemerintah Bengkalis layak menyediakan tempat karantina. Hal itu mengingat ramainya ke pulang warga dari Malaysia melalui Bengkalis. Bukan tidak mungkin, lepas dari pemeriksaan suhu tubuh di kemudian hari ia mengalami keluhan layaknya seseorang terindikasi virus. 

"Kami berharap kepada instansi terkait untuk menyediakan fasilitas karantina bagi penumpang yang baru tiba di pelabuhan-pelabuhan yang ada di kabupaten Bengkalis terutama yang melayani pelayaran keluar negeri. Bila perlu ditutup untuk sementara waktu, itu langkah pengendalian," tegasnya.

Hal senada juga disampaikan anggota DPRD, H. Mawardi. Ia mengakui banyak dihubungi warga terhadap kekhawatiran kepulangan penumpang dari BSSR. 

Menurut Ketua PBB Kabupaten Bengkalis ini, kekhawatiran warga terhadap aktivitas keberangkatan di BSSR wajar. Pasalnya, BSSR melayani rute ke Negeri Jiran Malaysia yang tak lain merupakan daerah terjangkit virus corona. 

"Setelah mendapat laporan dari masyarakat kami langsung menghubungi pihak Dinas Perhubungan, kami dikabarkan bahwa sejak besok aktifitas di pelabuhan BSSR ditutup untuk sementara waktu sebagai langkah untuk mengantisipasi penyebaran covid-19," papar Mawardi. 

Mawardi berharap pemerintah memperhatikan fasilitas kesehatan untuk antisipasi corona. Selain itu, perhatian juga harus diberikan terhadap tenaga medis baik perawat dan dokter yang menangani suspect. 

"Kita sangat mengapresiasi kinerja tenaga kesehatan kita baik para dokter, perawat dan unsur lainnya yang bekerja dengan baik untuk membantu pasien suspect covid-19. Kita akan mendorong agar Pemerintah Kabupaten Bengkalis menjamin ketersediaan fasilitas yang diperlukan dan meningkatkan kesejahteraan bagi tenaga kesehatan kita," imbuhnya. 

Kepada masyarakat, Mawardi berharap tetap waspada dan menjaga kebersihan dan berpola hidup sehat.

 

Reporter: Usman


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar