Pendidikan

Dalam Sepekan, Sudah 4.420 Mahasiswa Unilak Ikut Kuliah Online

Didik Siswanto.M.Kom Dosen Fasilkom Unilak memberikan materi kuliah daring kepada mahasiswa (dok. Istimewa)

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU – Pasca diberlakukannya kuliah tanpa tatap muka dan beralih ke daring (online) sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona di Universitas Lancang Kuning sejak Senin lalu, 4.420 mahasiswa dengan 460 sesi kuliah telah mengikuti proses kuliah during.

Hal tersebut di paparkan oleh Wakil Rektor I Unilak bidang Akademik Zamzami. Ia mengatakan, untuk memfasilitasi sistem pembelajaran daring ini Unilak telah menyediakan beberapa fasilitas di antaranya peningkatan kecepatan intenet, tutorial dan sosialisasi untuk mahasiswa dan dosen.

Ditambahkan Zamzami, sebelum ada kasus corona, sejak awal tahun 2017 Unilak telah menggunakan Blended Learning (kuliah tanpa tatap muka), bahkan telah dilakukan sosialisai ke seluruh fakultas dan pasca sarjana. Lewat aplikasi Moodle yang merupakan salah satu learning management system, dosen bisa menggunakan beberapa kemudahannya yaitu ada class room, chating, diskusi, quiz dan lain lain.

Sebagai informasi  MOODLE (Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment) adalah paket perangkat lunak yang diproduksi untuk kegiatan belajar berbasis internet dan situs web yang menggunakan prinsip social constructionist pedagogy.

"Dengan situasai sekarang ini, terjadinya peningkatan kuliah online, dalam tempo empat hari saja ada 4.420 mahasiswa yang telah kuliah online dengan 460 sesi kuliah. Maka dengan adanya instruksi rektor Unilak seluruh perkuliahan beralih ke daring maka jumlah mahasiswa dan sesi kuliah akan terus bertambah," ujarnya, Jumat (20/3/2020) dalam keterangan tertulis yang diterima riaumandiri.

Pihaknya bersyukur unilak telah lama menyiapkan teknologi ini sebagai bagian dari kemajuan teknologi, dan unilak mengikuti perkembangan zaman. "Dengan sistem daring ini, Unilak memberikan keleluasan kepada dosen untuk aktifitas perkuliahannya" sebut Zamzami.

Dosen Fakultas Ilmu Komputer Unilak Didik Siswanto pada hari Senin hingga Jumat ini mengaku telah menggunakan kuliah online. Didik mengaku sudah sejak lama menggunakan kuliah online, tapi sejak situasi seperti ini tiap hari kuliah dilakukan online.
"Banyak kemudahan yang didapat dari kuliah online, kalau dilihat mahasiswa saya menyukai kuliah online mungkin karena generasi z atau milenial," ujarnya.



[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar