Riau

Antisipasi Membludaknya Pasien Corona, Gubernur Riau Tinjau Gedung Rencana Perawatan

Gubernur Riau Syamsuar meninjau gedung yang rencananya akan digunakan untuk ruangan perawatan pasien. (Foto: Istimewa/RMId)

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU - Untuk mengantisipasi membludaknya pasien yang terjangkit virus corona di Provinsi Riau, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar meninjau beberapa gedung yang rencananya akan digunakan untuk ruangan perawatan pasien.

Gedung rencana perawatan tersebut di antaranya Embarkasi Haji Provinsi Riau, Balai Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Riau dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Petala Bumi.

Gubri menjelaskan, rencana tambahan gedung ini juga berdasarkan instruksi dari Menteri Dalam Negeri untuk memberdayakan semua balai diklat sebagai tempat perawatan pasien yang terkena wabah virus corona.

"Hari ini kita melakukan peninjauan untuk melihat langsung bersama Dinas Kesehatan, juru bicara Covid-19, Direktur RSUD, serta kepala OPD lainnya," katanya, Sabtu (21/3/2020)

Syamsuar menerangkan, tujuan peninjauan tersebut untuk mengetahui berapa kapasitas yang bisa menampung pasien jika seandainya terjadi peningkatan jumlah pasien.

Sebut Gubri, ia ingin memastikan kesiapan tempat yang ada. Sehingga jika terjadi penambahan jumlah pasien, sudah ada tempat yang layak untuk digunakan.

"Kita juga sudah minta partisipasi rumah sakit swasta di samping rumah sakit kabupaten/kota," ucap Datuk Seri Setia Amanah ini.

Ia menambahkan, sebagai alternatif lainnya, pihak Pemprov Riau juga akan memanfaatkan aula yang ada jika memang masih terjadi kekurangan gedung perawatan.

"Aula yang ada akan kita manfaatkan, kita tambah fasilitasnya. Kita juga sudah menghubungi balai pertanian dan ruangan lainnya supaya bisa kita pakai kalau sewaktu diperlukan," terangnya.


Tags Corona

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar