Riau

Rombak APBD, Pemprov Riau Siapkan Rp80 Miliar Atasi Virus Corona

Gubernur Riau Syamsuar

RIAUMNDIRI.ID, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau telah menyiapkan anggaran sebesar Rp80 miliar dari APBD untuk akselerasi penanganan virus corona (Covid-19). Dana disiapkan dengan memotong kegiatan non-prioritas pada APBD 2020.

"Anggaran yang kita siapkan untuk penanganan corona sekitar Rp80 miliar. Ada kegiatan yang kita potong dan kita geser untuk penanganan virus corona, termasuk dana tak terduga kita geser sedikit," kata Gubernur Riau, Syamsuar kepada wartawan, Senin 23/3/2020).

Menurut Syamsuar, penyiapan anggaran tersebut menindaklanjuti instruksi Presiden Joko Widodo yang meminta daerah merombak APBD untuk dialihkan pada penanganan kasus corona.

"Untuk itu, kami sudah buat laporan kepada pimpinan DPRD Riau," imbuh Syamsuar.

Tak hanya Pemprov Riau, Syamsuar juga meminta pemerintah kabupaten kota melakukan hal yang sama untuk memberantas penyebaran pandemi corona yang tengah merebak di berbagai daerah.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir menyampaikan jumlah pasien suspect virus corona (Covid-19) di Riau berjumlah 41.

"Jadi, terhitung dari tanggal 3 Maret hingga 21 Maret, ada sebanyak 41 pasien dalam pengawasan (PDP)," kata Mimi, Minggu (22/3/2020).

Dari total 41 kasus tersebut, kata Mimi, 10 orang telah keluar swap dari laboratoratorium kesehatan dengan hasil 10 negatif dan satu orang pasien dinyatakan positif. Sementara swap untuk pasien lainnya belum keluar. 


Reporter: Rico Mardianto


Tags Corona

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar