Riau

Baru Pulang dari Kuansing, Satu Warga Jakarta Terdeteksi Suspect Covid-19 di Bandara Pekanbaru

Petugas Bandara SSK II Pekanbaru saat mendeteksi warga di pintu masuk bandara dengan menggunakan thermal scanner. (Foto: Istimewa)

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU - Pihak Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru bersama Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), mengamankan seorang warga Jakarta, Senin (23/3/2020) pukul 17.00 WIB. Warga ini terdeteksi suspect corona (covid-19), di pintu masuk Bandara SSK II.

Kepala KKP Pekanbaru, Sarifuddin, membenarkan pihaknya telah mendeteksi satu warga suspect covid-19, dan warga Jakarta tersebut langsung diobservasi dan dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad, Senin kemarin.

“Benar, hasil pemeriksaan Avsec yang berangkat ke Jakarta, terdeteksi suhu 38 derajat ke atas dan diobservasi. Ada gejala sehingga kami rujuk ke RS. Ini warga Jakarta yang berkunjung ke Kuansing,” ujar Sarifuddin, Selasa (24/3/2020).

Dijelaskan Sarifuddin, selama masa pemeriksaan pasien tersebut selalu bersikap kooperatif. Dan sampai dibawa ke RS untuk pemeriksaan juga tetap kooperatif, selanjutnya menjadi tanggung jawan pihak RS untuk mengisolasinya.

“Dari laporan anggota kooperatif, bahkan di RS sampai tiga jam menunggu dapat kamar isolasi pasiennya gak ada berusaha lari,” katanya.

Sementara itu, Executive General Manager, Angkasa Pura II, Pekanbaru, Yogi Prasetiyo, menjelaskan, pihaknya bersama KKP telah bekerjasama untuk mendeteki setiap penumpang yang datang dan berangkat dari Bandara SSK II Pekanbaru. 

“Dapat kami sampaikan apabila ada penumpang yang teridentifikasi, petugas bandara akan mendata penumpang  dan menghubungi petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan Bandara SSK II. Pax (pasien, red) yang memiliki suhu tubuh di atas 37,6 derajat akan kami arahkan ke Kesehatan Pelabuhan Bandara SSK II, untuk diperiksa lebih lanjut,” ujar Yogi. 

Dijelaskannya, KKP Bandara SSK II akan mendata identitas pasien/pax, yang terindikasi corona tersebut dan segera dilarikan ke RS terdekat/RS Arifin Ahmad dengan menggunakan ambulans milik KKP, untuk penanganan dan pengecekan lebih lanjut.

“Untuk informasi penanganan kami sudah sepakati di tim KKP. Kami full supporting, dan yang kompeten dan berwenang terkait hal tersebut timnya KKP,” katanya.


Reporter: Nurmadi


Tags Corona

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar