Ekonomi

Dunia Usaha Merugi, Kadin Batam Minta Bank Longgarkan Pembayaran Kredit

Ketua KADIN Batam, Syamsul Paloh (dok. Istimewa)

RIAUMANDIRI.ID, BATAM – Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Batam, Syamsul Paloh meminta perbankan membuat kebijakan untuk melonggarkan pembayaran pinjaman kredit. Keringanan ini diminta lantaran dunia usaha mengalami kerugian akibat penyebaran virus corona (Covid-19).

Dikatakannya, saat ini banyak pengusaha mengeluhkan omset atau perputaran bisnis stagnan bahkan menurun. Hal itu terjadi di hampir semua sektor usaha di Kota Batam.

“Dampak penurunan ekonomi ini mulai dirasakan oleh para pengusaha, khususnya anggota kadin yang mayoritas masih berskala menengah,” ucap Syamsul, Selasa (24/3/20220) seperti dilansir dari haluankepri.com –jaringan Haluan Media Group–.

Syamsul berharap, pemerintah memberikan imbauan kepada bank agar mempertimbangkan kondisi ini. Terutama terhadap kewajiban keuangan pengusaha di perbankan maupun pajak.

“Baik kantor pusat maupun daerah untuk bisa lebih mendukung dunia usaha. Dalam hal kemudahan-kemudahan kredit perlu menjadi perhatian pemerintah dan perbankan,” ucap Syamsul.

Para pengusaha lanjutnya, diminta untuk tidak panik agar bisa juga mengefektifkan pemberian pemahaman serta sosialisasi terkait Covid-19 serta SOP bekerja di tengah ancamannya saat ini.

Hal ini sudah ada dalam kebijakan dari pemerintah melalui surat edaran Dirjen Binwasnaker Covid-19 RI Nomor: 5/198/AS.02.02/III/2020, tanggal 12 Maret 2020 Tentang kesiagaan dalam menghadapi penyebaran Covid-19 di tempat kerja.

“Tentang wacana yang berkembang di kota Batam akhir-akhir ini, terutama desakan untuk meliburkan para pekerja atau buruh pabrik, diserahkan kepada masing-masing perusahaan, sampai dikeluarkannya peraturan resmi oleh presiden atau yang berwenang,” ungkapnya.

Dia juga mengimbau semua pihak agar menjaga kondusifitas kegiatan usaha dan tidak mengeluarkan kebijakan, statement atau tulisan yang bisa menimbulkan keresahan serta kebingungan di masyarakat utamanya di dunia kerja dan usaha.

“Kami dari Kadin Batam juga mengucapkan terima kasih kepada pengusaha yang sudah melakukan prosedur maksimum pencegahan sebaran corona virus, serta kepeduliannya kepada pemerintah daerah atas banyak upaya untuk meredam kepanikan dan melakukan upaya maksimal mencegah penyebaran Covid-19 saat ini,” tutupnya.


Tags Ekonomi

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar