Nasional

Fitnah Nasi Padang Penyebar Virus Corona, Pria di Jakarta Minta Maaf Atas Materai 6000

Nasi Padang (Foto: OP)

RIAUMANDIRI.ID, JAKARTA – Informasi bohong seputar virus corona terus ada dengan kabar yang semakin mengada-ada. Seorang pria di Jakarta bahkan menyebut nasi Padang sebagai penyebab virus corona.

Tanpa bukti jelas, seorang pria di Jakarta menyebarkan fitnah dan berita hoax seputar nasi Padang. Ia mengatakan kalau nasi Padang sebagai sumber penularan virus corona. Kabar ini ia sebarkan lewat grup WhatsApp para pedagang di kawasan Pasar Senen, Jakarta Pusat.

"Hati-hati makan nasi Padang. Nasi Padang sumber penularan virus Covid-19. Coba bayangin tiap meja tamu-tamu makan tidak habis sisa-sisa dikembalikan lagi dan disajikan lagi ke tamu berikutnya," tulis pria yang tak diketahui namanya.

Ia juga mengatakan nasi Padang yang dibungkus juga bekas air liur para tamu yang mungkin terkena virus corona. "Biasa selesai makan tamu-tamu kan ngobrol-ngobrol dulu dan hidangan di meja belum diangkat. Hujan rintik-rintik lah di hidangan tersebut. Paling rentan penularan virus corona," lanjut pesan berantai ini.

Kabar ini kemudian ramai diperbincangkan, seorang praktisi kuliner Arie Parikesit ikut mengunggah cuitan ini. "Memfitnah nasi Padang sebagai sumber corona, seorang warga akhirnya menorehkan ttd di atas materai 6000. Kekerabatan Minang dilawan," tulis Arie Parikesit.

Mendapati kabar ini, jelas banyak orang marah terutama para penjual nasi Padang. Secara beramai-ramai mereka mencari si penyebar pesan yang menyesatkan ini. Saat dicokok, pria ini hanya bisa meminta maaf dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya.

Pria yang diketahui berusia lebih dari 40 tahun ini akhirnya menuliskan surat permohonan maaf yang dilengkapi tanda tangan di atas materai Rp 6.000.

Terkait cara makan di rumah makan Padang, memang sudah menjadi tradisi dan ciri khas. Aneka lauk pauk memang disajikan di atas meja dan pembeli bisa memilih lauk sesuai selera.

Berikut beberapa tips makan di restoran Padang agar tetap bersih.

1. Perhatikan kebersihan restoran

Sebelum mulai memesan dan makan, cobalah lihat kondisi rumah makan. Lihat area makan dan area display makanan, jika dalam kondisi bersih dan tertata rapi maka restoran ini bisa jadi tempat makan yang pas.

Area display biasanya dilengkapi tirai untuk menjaga kebersihan makanan. Tirai ini berfungsi untuk mencegah masuknya lalat atau serangga lain yang mungkin saja mengganggu kebersihan makanan.

2. Makan nasi rames

Supaya tidak disajikan aneka lauk di meja, sebaiknya langsung pesan nasi rames. Penjual akan langsung mencampur menu makanan yang Kamu pilih tanpa menyajikan aneka lauk lagi di meja makan.

Dengan cara ini kamu ikut menjaga kebersihan makanan. Selain itu makan nasi rames juga membuat kamu tidak lapar mata dan serakah. Tanpa melihat aneka lauk di depan mata, kamu akan lebih fokus menghabiskan lauk yang ada di piring makan.

3. Membeli nasi Padang bungkus

Satu lagi yang bisa dilakukan untuk menjamin nasi Padang bersih adalah menyantapnya di rumah. Makan nasi Padang di rumah tidak akan mengurangi kenikmatannya.

Makan nasi Padang yang dibungkus juga bisa jadi solusi untuk mencegah penyebaran virus corona karena membatasi diri dari kegiatan sosial. Santap nasi Padang di rumah bersama keluarga tercinta.


Tags Viral

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar