Dunia

Penelitian di China Ungkap Golongan Darah yang Banyak dan Jarang Terjangkit Corona

(Sumber Foto: Istimewa)

RIAUMANDIRI.ID, JAKARTA – Sebuah penelitian yang dilakukan di China baru-baru ini, menyatakan golongan darah A lebih berisiko terinfeksi Corona Covid-19. Sedangkan, orang yang memiliki golongan darah O, lebih kebal terhadap virus ini, tetapi perlu penelitian lebih lanjut untuk memastikan hal itu

Pernyataan tersebut berasal dari sebuah penenlitian yang dilakukan di Wuhan dan Shenzhen. Mereka mengunakan data pasien Corona Covid-19 di dua daerah China tersebut.

Perbandingan jumlah yang cukup signifikan sehingga orang yang memiliki golongan darah A lebih rentan terinfeksi virus Corona dibandingkan orang yang memiliki golongan darah O.

Para ahli menambahkan bahwa penelitian sebelumnya telah menunjukkan beberapa hubungan antara golongan darah dan penyakit seperti flu perut, serta risiko stroke dan gangguan kognitif.

Kabar itu mungkin bisa membuat pemilik golongan darah A panik dan khawatir. Namun, orang yang memiliki golongan O juga harus memiliki kewaspadaan sama agar tidak terinfeksi virus Corona.

Tindakan pencegahan serius perlu dilakukan semua orang, apa pun golongan darahnya.

Dilansir dari laman Alodokter, kerentanan seseorang terhadap infeksi virus apa pun, dipengaruhi oleh kekuatan daya tahan tubuh. Jika Anda memiliki daya tahan tubuh yang lemah, akan mudah terinfeksi virus, semisal virus Corona SARS-CoV-2 penyebab Covid-19

Oleh karena itu, apa pun golongan darah seseorang, perlu adanya tindakan pencegahan penyebaran virus Corona secara maksimal.

Bukan berarti hasil penelitian yang dilakukan di Wuhan dan Shenzhen membuat golongan darah O kebal dari serangan virus Corona.

Semua orang perlu menjaga kebersihan tangan, jaga kontak fisik, menggunakan alat pelindung diri ketika beraktivitas di ruang umum, dan mengikuti semua hal yang telah dianjurkan oleh pemerintah dan ahli kesehatan.

Berikut rangkuman dari berbagai sumber, Rabu (25/3/2020), hubungan antara golongan darah dan Corona Covid-19 hasil penelitian di Wuhan dan Shenzen, Tiongkok.

Dalam penelitian yang dilakukan di Wuhan dan Shenzen dengan 2.173 pasien yang telah didiagnosis Corona Covid-19 menemukan bahwa pasien yang terinfeksi virus Corona,

  • Golongan darah A adalah 38 persen
  • Golongan darah B adalah 26 persen
  • Golongan darah AB adalah 10 persen
  • Golongan darah O adalah 25 persen

Penelitian ini dilakukan terhadap pasien yang terinfeksi virus Corona di Wuhan dan Shenzen, China. Keterkaitan golongan darah dengan persentase rentan terjangkit COVID-19 masih perlu ditinjau secara klinis.

Penelitian tersebut dilakukan pada kelompok usia dan jenis kelamin yang berbeda.


Tags Kesehatan

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar