Riau

Sudah 4 Hari Dibuka, Belum Ada Calon Pejabat Eselon II Mendaftar ke BKD Riau, Ada Apa?

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Riau Ikhwan Ridwan.

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau telah membuka pendaftaran calon pejabat tinggi pratama (eselon II) di lingkungan Pemprov Riau sejak empat hari lalu. Namun hingga kini belum ada satu pun pegawai yang mendaftar melalui situs BKD Riau.

Kepala BKD Riau, Ikhwan Ridwan, mengatakan, biasanya lima hari atau tiga hari menjelang penutupan pendaftaran barulah banyak pegawai yang mendaftar. Dan hal ini merupakan hal yang biasa dalam pembukaan calon pejabat di lingkungan pemerintah.

“Sampai saat ini belum ada yang mendaftar, itu biasa. Karena mereka mungkin menyiapkan administrasi dan persyaratan yang tertuang dalam aturan untuk mendaftar sebagai pejabat eselon dua. Bisa saja nanti lima atau tiga hari menjelang penutupan baru ramai,” kata Ikhwan Ridwan, Kamis (26/3/2020).

Dijelaskan Ikhwan, waktu pembukaan pendaftaran pejabat eselon II ini dibuka selama 15 hari setelah dibukanya secara resmi pada tanggal 23 Maret yang lalu. Dan pendaftaran terbuka secara nasional, asal memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat.

“Siapapun boleh mendaftar, dan terbuka secara nasional. Kalau memenuhi syarat silakan saja mendaftar,” kata Ikhwan.

Untuk posisi pejabat eselon II yang dibuka sebanyak 24 jabatan, dan disesuaikan dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang saat ini masih dijabat Plt, dan juga hasil evaluasi Gubernur Riau. Setiap OPD yang dibuka akan menerima sebanyak 5 orang per OPD, minimal 3 orang mendaftar di salah satu OPD yang dipilih.

“Yang dibuka tetap 24 OPD hasil evaluasi. Jadi kalau dikalikan 5 orang per OPD, jumlah keseluruhannya mencapai 120 orang yang diterima. Tahap pertama tentu seleksi administrasi, selanjutnya menjalani assessment oleh tim Pansel yang telah ditetapkan,” ungkap Ikhwan.

“Kalau tidak cukup yang mendaftar minimal 3 orang, yah mungkin tidak dibuka atau nanti dikonfirmasi lagi. Dalam aturannya memang minimal 3 orang kalau 1 yang daftar tak di-assessment,” kata Ikhwan lagi. 

Berikut 24 jabatan yang dibuka seleksi, Asisten I Setdaprov Riau, Kepala Inspektorat, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan Riau. Kepala Badan Pendapatan Daerah Riau, Sekwan DPRD Riau, Kepala Dinas Perkebunan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Riau.

Selanjutnya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Riau, Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, Permukiman dan Pertanahan, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Riau. 

Lalu Kepala Dinas Pariwisata Riau, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi dan UKM, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Kepala Dinas Sosial, Kepala Satpol PP, Kepala Biro Perekonomian dan SDA, Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat, Kepala Biro Umum, Kepala Biro Organisasi, Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa dan Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setdaprov Riau. 

Dari 24 jabatan yang dibuka seleksinya tersebut, ada tiga jabatan yang proses pelantikanya menunggu pejabat yang bersangkutan pensiun. Yakni Asisten I Setdaprov Riau, Kepala Dinas Sosial dan Kepala Satpol PP Riau.


Reporter: Nurmadi



[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar