Riau

Hasil Rapid Test Covid-19 Sementara di Riau, 7 ODP dari Dumai Positif dan Jadi PDP

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU - Dinas Kesehatan Provinsi Riau telah menerima hasil rapid test virus corona (covid-19) dari kabupaten-kota. Namun dari laporan tersebut belum semua daerah menyerahkan hasil rapid tes terhadap Orang dalam pemantauan (ODP).

Dari data yang masuk ke Diskes Riau, sebanyak 1.385 ODP telah dilakukan rapid test. Dan hasilnya 9 ODP terdeteksi positif, sisanya 1.376 negatif. Daerah yang paling banyak terpantau positif yakni dari Kota Dumai sebanyak 7 ODP. Selanjutnya 1 ODP dari Pelalawan dan 1 dari Rokan Hulu.

Kadiskes Riau, Mimi Yuliani Nazir mengatakan, pihaknya telah menerima sebanyak 7.420 ODP yang akan di-rapid test. Semua alat rapid test sudah disebar ke kabupaten/kota. Tugas dinas kesehatan di daerah yang menjalankan tes.

“Untuk selanjutnya kabupaten-kota yang menyelenggarakannya. Saat ini yang kita terima baru sebagian 1.385 ODP yang telah menjalani rapid test. Dumai ada 7 ODP positif, Pelalawan 1 dan Rohul 1. Tapi hasil tes ini tidak menyatakan mereka positif covid-19, dan harus diambil swapnya,” jelas Mimi.

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Riau, dr Indra Yovi, menjelaskan setiap ODP yang hasil rapid test-nya positif akan dijadikan PDP. Selanjutnya menjalani perawatan oleh tim medis. 
Selama menjalani perawatan kesehatan PDP diobservasi. 

“Sesuai kesepakatan provinsi, ODP yang dilakukan rapid test dan hasilnya positif akan dijadikan PDP dan dilakukan swab. Bila hasil swab negatif pasien boleh pulang, kalau swab positif akan tetap dirawat sampai hasil swab berikutnya negatif dua kali berturut-turut,” jelas Yovi.

Sementara itu, dari data Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Riau, saat ini jumlah ODP terus meningkat. 
Dan status ODP ini merupakan hasil tracing dan pantauan terhadap TKI yang baru pulang dari Malaysia, dan juga dari derah pandemi di Provinsi lain. Dari data Gugus Tugas Covid-19 di Provinsi Riau, terus bertambah setiap harinya. Tercatat per tanggal 6 April sebanyak 23.511 orang, dengan rincian jumlah ODP 19.663 dan selesai pemantauan 3.848 orang. 

Sedangkan untuk pasien PDP 147 orang dengan jumlah pasien yang dirawat sebanyak 87 orang dan yang sudah pulang 71 orang. Pasien pisitif 12 orang, 1 dengan kondisi pasien hasil swap keempat negatif dan sudah di bolehkan pulang. Dan 5 PDP meninggal dunia.


Reporter: Nurmadi


Tags Corona

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar