Parlemen

Anggota DPRD Riau Ade Hartati Ajak Masyarakat Pakai Masker

Anggota DPRD Riau Ade Hartati (dok. Istimewa)

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU – Anggota DPRD Riau dari Fraksi PAN, Ade Hartati mengimbau seluruh masyarakat Riau agar tetap menggunakan masker sebagai pelindung diri di tengah wabah virus Corona atau Covid-19. Hal itu sesuai dengan imbauan orgnisasi kesehatan dunia atau WHO.

"Ayo masyarakatku mari kenakan masker. Usahakan tetap berada di rumah demi memutus mata rantai virus Corona yang menimpa 202 negara di dunia termasuk Indonesia dan Riau pastinya," ajak Ade Hartati, Senin (6/4/2020).

Dikatakan politisi PAN ini lagi, semula WHO menyampaikan, masker hanya dipakai oleh orang yang sakit, tetapi kekinian WHO merekomendasikan seluruh masyarakat menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

"Saya meminta agar masyarakat mematuhi imbauan tersebut. Masyarakat disarankan untuk mengenakan masker kain yang dapat dicuci dan dikenakan berkali-kali. Untuk masker medis seperti masker bedah dan N-95 saat ini diprioritaskan bagi dokter dan paramedis," ajaknya lagi.

Lebih jauh Ade mengajak, agar sektor ekonomi tidak lumpuh, mari bersama membeli hasil tani para petani dengan berbagai cara. Apakah dengan datang ke kebun mereka atau ada yang bisa menggunakan fasilitas online untuk membantu masyarakat.

Ade mengaku khawatir karena hingga kini di Indonesiia sudah 2.491 orang positif terjangkit virus Corona, sebanyak 209 orang meninggal dunia dan sebanyak 192 orang pasien sembuh.

Sedangkan di Provinsi Riau, sebanyak 12 kasus positif virus Corona, 147 pasien dalam pengawasan (PDP) dan orang dalam pengawasan (ODP) sebanyak 23.511.

"Bahkan di Kampar ada satu yang meninggal pasien dalam pengawasan (PDP). Virus Corona tidak main-main. Oleh karena itu tetap di rumah dan kenakan masker," tegasnya lagi.

Dia menyarankan juga, agar seluruh stakeholder bergandengan tangan untuk membantu masyarakat kelas bawah dengan berbagai cara. Bisa melalui pembagian sembako atau masker gratis agar masyarakat tetap sehat dan bisa makan sehari-hari.

"Mari perusahaan di Riau untuk bisa memberikan bantaun sembako dan masker gratis untuk warga Riau. Inilah saatnya kita bergandeng tangan dan tidak saling menyalahkan dalam menghadapi bencana dunia virus Corona," ajak Ketua Kaukus Perempuan Riau ini lagi.

Oleh karena itu, Ade berharap, semua warga di Riau bisa menjaga kebersihan dengan mencuci tangan sebelum makan dengan sabun dan air mengalir, sehingga virus Corona bisa dimatikan sebelum 9 jam.

"Mari biasakan mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik dengan air mengalir. Ini akan mematikan virus Corona dengan cepat. Jangan abaikan, demi kesehatan bersama dan berdoa virus Corona cepat berlalu," sebutnya lagi.

Ade juga mengajak seluruh wakil rakyat di Riau agar bisa memberikan kontribusinya sehingga dapat membantu masyarakat Riau menghadapi bencana virus Corona ini. Sebab, seberapa pun bantuan, akan sangat berguna untuk masyarakat di tengah musibah covid-19.

Terpisah, seorang warga Rumbai Petri (45) berharap, agar ada bantuan masker dan sembako untuk warga di sana. Sebab, penyebaran Virus Corona menyebabkan sektor ekonomi warga terganggu.


Kontributor: Erma Sri Melyati


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar