Peduli Autis Sedunia

Disdikbud Gelar Ragam Kegiatan

Dalam rangka memperingati Hari Autis se-dunia tahun 2015.

PEKANBARU (HR)- Dalam rangka memperingati Hari Autis se-dunia tahun 2015, yang jatuh pada 2 April mendatang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Riau bekerjasama dengan Forum Pengembangan Anak Penyandang Autis (FPAPA) Provinsi Riau menggelar serangkaian kegiatan. Dengan mengusung tema Walk About dan Talk About Autism.
Dikatakan Plt Kepala Disdikbud Riau Dwi Agus Sumarno, didampingi Sekretaris Disdikbud Riau Asrizal, Kepala Bidang Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK) Sri Petri Haryati, dan Sekretaris FPAPA Riau Rovanita Rama, mengatakan bahwa Autis itu bukan penyakit, melainkan orang-orang khusus, yang perlu mendapatkan layanan pendidikan khusus.
"Jadi anak autis tersebut bukan penyakit jiwa, tetapi mereka dalam kesehariannya selalu fokus pada satu yang diinginkannya. Oleh karena itu mereka perlu diberi pemahaman tentang hal-hal lainnya agar bisa melakukan hal-hal yang lain," kata Dwi.
Adapun rangkaian kegiatan yang akan diselenggarakan, yakni sebagai bagian upaya meningkatkan kepedulian masyarakat sekaligus mengedukasi banyak pihak dalam upaya lebih mengenal anak penyandang autis dengan segala hak nya, sebagai warga negara adalah sama. Yaitu mendapatkan hak hidup, hak berkembang dan hak berpartisipasi.
"Kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan tersebut antara lain seminar dengan tema penegakan diagnosa autisme untuk penanganan yang tepat. Dengan menghadirkan narasumber Dokter spesialis Anak dr Budi Novitri, Psikolog Aida Malikha, orang tua penyandang autis Rovanita Rama dan narasumber dari Jakarta," jelasnya.
Kegiatan lainnya yang akan dilaksanakan adalah dialog di salah satu televisi daerah. Pada Minggu (5/4), akan diadakan jalan bersama anak penyandang autis, yang akan dilaksanakan di Jalan Gajah Mada Pekanbaru. Dalam acara jalan bersama tersebut juga akan digelar berbagai kegiatan lain, yang kesemuanya dilakukan oleh anak-anak autis. Seperti penampinan seni, berupa fashion show, perkusi, tarian, dan nyanyian. "Dibagian lain juga akan peragaan hasil karya anak dan medali serta piagam-piagam penghargaan yang diraih oleh anak-anak berkebutuhan khusus," pungkasnya.
Sebagai acara puncak, diselenggarakan acara jalan bersama anak penyang autis, yang akan diramaikan sebanyak 1.000 peserta. Sebelum kegiatan jalan bersama akan dilakukan pelepasan balon ke udara oleh istri Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, Sisilita dan pelepasan rombongan dilakukan Plt Gubernur Riau. Selain itu juga, juga akan dilakukan peresmian Pusat Layanan Autis (PLA) yang terletak di jalan Arifin Ahmad Pekanbaru. "Sekolah ini merupakan sekolah terbaik, termegah dan memiliki kelengkapan fasilitas terbesar di Sumatera," tutur Dwi. (nie)

 


Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar