Film dan Selebritis

Ini Sederet Aksi Kemanusiaan Glenn Fredly Hingga Hari-hari Terakhir Hidupnya

Glenn Fredly

RIAUMANDIRI.ID, JAKARTA - Glenn Fredly dikenal memiliki kepedulian yang tinggi pada sesama. Bukan hanya ucapan semata, kepeduliannya itu diwujudkan dalam sederet aksi nyata.

Seperti dilansir Antara, Glenn banyak berkolaborasi dengan musisi Indonesia untuk menyampaikan pesan kemanusiaan. Dia menciptakan lagu 'Kita Untuk Mereka' yang didedikasikan untuk korban bencana tsunami Aceh.

Pada perayaan 17 tahun berkarier di dunia musik, Glenn membuat konser 'Cinta Beta' yang dijadikan aksi nyata untuk melestarikan seni serta budaya Indonesia bagian timur. Glenn pun menyuarakan perdamaian di tanah Papua dalam konser 'Musik Untuk Republik' tahun lalu.

Glenn rutin membuat konser Tanda Mata sebagai tanda apresiasi untuk musisi Indonesia. Tiap tahun dia fokus pada musisi legendaris yang berbeda. Dimulai dari Ruth Sahanaya pada 2016, dilanjutkan dengan Slank, Yovie Widianto dan Koes Plus Bersaudara.

Sebagian hasil penjualan tiket konser Tanda Mata untuk Yovie Widianto disumbangkan untuk korban gempa dan tsunami Palu, sementara hasil konser Tanda Mata untuk Koes Plus Bersaudara didonasikan untuk korban gempa di Maluku dan asap di Riau.

Pada 2012, Glenn Fredly pernah membuat rekaman DVD di studio Lokananta, label rekaman pertama di Tanah Air yang bersejarah. Dia menggaungkan kampanye 'Save Lokananta' agar studio tersebut tak terlupakan.

Hingga hari-hari terakhir hidupnya, pelantun 'Januari' itu terus menunjukkan kepeduliannya kepada sesama. Dia sempat menggalang donasi bagi warga ekonomi rentan yang terdampak pandemi virus Corona.

Kini, sosok itu telah tiada. Glenn Fredly meninggal dunia karena meningitis pada 8 April 2020 di RS Setia Mitra Jakarta Selatan. Jenazahnya akan dimakamkan hari ini.



[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar