Ekonomi

LPS Sebut 8 Bank Berpotensi Keok Imbas Wabah Corona

Ilustrasi Bank (Foto: Industry)

RIAUMANDIRI.ID, JAKARTA – Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mengatakan, jika wabah virus Corona atau Covid-19 di tanah air berlangsung cukup lama dan makin memburuk, maka berdampak pada perbankan nasional dengan gagalnya delapan bank hingga masuk dalam kriteria tak kuat menghadapi perubahan ekonomi yang cukup cepat.

Hal tersebut dikatakan Kepala Eksekutif LPS Lana Soelistianingsih dalam Video Conference bersama DPR di Jakarta, Kamis (9/4/2020).

"Ada potensi delapan bank yang dalam potensi kriteria yang ada," kata Lana.

Lana mengatakan, skenario tersebut berdasarkan stress test atau simulasi yang dilakukan LPS mengenai dampak negatif merebaknya Virus Corona terhadap perekonomian nasional.

"Kita sudah melakukan stress test dari skenario yang berat terjadi," ucapnya.

Lana melanjutkan, pihaknya baru bisa menentukan jumlah bank yang dikategorikan bank gagal jika sudah diserahkan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sebab, kewenangan penentuan kondisi keuangan bank hanya OJK yang menentukan.

"Itu semua sangat tergantung kapan diserahan. LPS pada saat bank dalam pengawasan intensif sangat membantu termasuk kita bisa memilih resolusi paling murah ketika bank itu jadi bank gagal," ucapnya.


Tags Ekonomi

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar