DPD RI

DPD RI Apresiasi Kinerja Pemkab Pelalawan Dalam Penanganan Covid-19

Anggota DPD RI Intsiawati Ayus didampingi Kadiskominfo Pelalawan Hendri Gunawan saat melakukan konferensi pers di Posko Informasi dan Pengaduan Covid-19 Kabupaten Pelalawan. (Anthon/RMId)

RIAUMANDIRI.ID, PANGKALAN KERINCI - Dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Pelalawan, anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Intsiawati Ayus menerima paparan terutama terkait dengan penanganan wabah Covid-19.

Paparan tersebut langsung disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Pelalawan Hendri Gunawan di Posko Informasi dan Pengaduan Covid-19, Kantor Bupati Pelalawan, Kamis (9/4/2020).

Dijelaskan Hendri, ketika Covid-19 mulai mewabah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan langsung membentuk Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19.

"Tidak itu saja, Bupati juga 'merumahkan' ribuan pelajar dari tingkat taman kanak-kanak (TK) hingga sekolah menengah pertama (SMP) dalam mengantisipasi penularan," ujar dia lagi.

Begitu juga dari segi anggaran, Pemkab Pelalawan langsung melakukan alokasi anggaran penanganan Covid-19 sebesar Rp25 miliar.

"Saat ini kita telah mendapatkan Rp6,95 miliar dari pergeseran anggaran penanganan Covid-19 di Diskes dan RSUD Selasih," ucapnya.

Kemudian untuk fasilitas perawatan pasien, baik itu Orang Dalam Pemantauan (ODP) maupun Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Diskes telah menyiapkan 1 RSUD Selasih dan 14 Puskesmas.

"Di RSUD Selasih kita mempunyai 6 Ruang Isolasi dan puskesmas berjumlah 28 ruang. Total kita punya ruang isolasi 34 ruangan yang sesuai dengan standar Kemenkes," jelas Hendri.

Ditambahkannya lagi, Diskominfo sebagai garda terdepan dalam informasi juga telah mempersiapkan Posko Informasi dan Pengaduan Covid-19.

"Kita telah persiapkan Call Center lengkap dengan nomor pengaduan dan informasinya. Selain itu kita juga selalu meng-update data setiap hari," ungkap dia lagi.

Di akhir penjelasannya Hendri juga menyebutkan masih banyaknya kekurangan dalam bentuk penanganan maupun update data. Namun ia berjanji akan secepatnya berbenah.

Menjawab itu semua, anggota DPD RI Intsiawati Ayus menyampaikan bahwa kedatangannya dalam memenuhi agenda kerja dalam masa sidang DPD RI.

"Sebenarnya agenda ini sebelum terjadinya persoalan penyebaran virus corona. Namun tetap kita laksanakan sekaiigus untuk mengetahui sudah sejauh mana penanganan Covid-19 oleh Pemerintah Daerah," terangnya.

Menurut Iin, begitu senator asal Riau ini disapa, ada empat agenda dalam kunjungan kerjanya di Pelalawan. Pertama, masalah penundaan Pilkada, kedua, data kependudukan, ketiga, masalah konflik-konflik lahan dan masalah dana desa.

"Jadi apa yang telah dilakukan Pemkab Pelalawan sangat saya apresiasi. Semua ini merupakan dampak dari mewabahnya Covid-19 di seluruh daerah. Jadi kita ingin agar apa yang menjadi kendala di empat agenda tersebut dapat dicarikan jalan keluarnya," kata Intsiawati Ayus mengakhiri.


Reporter: Anthon


Tags Corona

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar