Riau

Gubri: Jangan Sebar Foto, Video dan Alamat PDP Meninggal, Ganggu Psikologis Keluarga

Gubernur Riau Syamsuar

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau menyesalkan masih banyaknya masyarakat yang tidak simpati terhadap pasien PDP Covid-19 yang dinyatakan meninggal dunia, bahkan menyebarkan foto dan video almarhum melalui media sosial. 

Gubernur Riau, Syamsuar, menegaskan kepada masyarakat Riau, untuk tidak menyebarkan, foto-foto dan video PDP yang meninggal dunia, maupun alamat pasien yang disebar lengkap dengan alamatnya. 

“Sebelumnya, kami mendapat kabar adanya broadcast whatsApp terkait meninggalnya salah satu pasien PDP Covid-19. Dalam broadcast tersebut dipampang jelas nama, alamat, nomor keluarga, dan foto almarhumah. Efeknya, keluarga yang sedang bersedih karena ditinggal orang tersayang semakin mendapat tekanan psikologis dengan adanya broadcast tersebut,” tegas Gubri. 

“Oleh karena itu, kami tidak bosan-bosannya meminta kepada masyarakat untuk tidak menyebarkan informasi pribadi dari pasien seperti nama, alamat, dan keluarganya. Untuk pihak terkait, data lengkap pasien cukup untuk keperluan internal saja dan tidak perlu disebarluaskan ke masyarakat,” tegasnya lagi.

Bagi pasien yang dirawat, kata Gubri, akan berdampak terhadap tekanan psikologis pasien juga keluarga. Sehingga penyebaran foto dan video tersebut akan memperburuk kondisi pasien, dan keluarga yang berada di rumah juga tidak tenang. 

“Bagi pasien yang sedang dirawat penyebaran informasi tersebut, dapat memberikan tekanan psikologis yang berdampak terhadap menurunnya imunitas dirinya. Bagi keluarga pasien yang meninggal, penyebaran informasi tersebut menambah kesedihan keluarga yang tidak menunjukkan identitas kita sebagai masyarakat yang berempati,” kata Gubri. 

“Menjaga kerahasiaan data pasien merupakan kewajiban kita semua sesuai Pasal 57 UU 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan. Kami mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga indentitas pasien dan keluarga agar tidak menimbulkan keresahan,” harap Gubri.


Reporter: Nurmadi



[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar